Wajah Baru Blog Dwisu Menyambut Tahun Baru

Wajah Baru Blog Dwisu Menyambut Tahun Baru

DWISU.WEB.ID - Sebentar lagi tahun baru 2019 datang, Tak salah kalau saya juga ingin sesuatu yang baru hadir di blog Dwisu. Kira-kira Apa yah yang perlu diganti? Pikir saya dalam hati. Saya jadi teringat kalau tampilan blog ini masih lugu banget sesuai dengan tampilan asli desainernya. Walaupun sebenarnya tidak dirubah juga tidak masalah, Toh template blog yang saya gunakan merupakan template premium jadi tidak banyak yang menyamainya.
edit Template blog

Namun kebetulan saya menggunakan template Kompiflexible pada ke-4 blog saya yaitu Blog ini, Media Kompilasi, Paling Untung dan Audio Terbaru. Rasanya kok saya kurang sreg kalau keempat-empatnya sama plek. Mungkin bagi pengunjung organik yang berasal dari Google tidak mengetahuinya namun bagi teman-teman blogger yang sering berkunjung keblog-blog saya tentu sedikit heran tampilannya kok sama semua.

Berbekal sebuah artikel tutorial dari Mas Anton Owner Lovely Bogor saya beranikan diri merubah tampilan blog ini. Jujur saja sebenarnya saya paling malas kalau sudah masuk edit html template blog namun demi tampilan blog yang lebih fresh saya sempat-sempatkan waktu untuk merubahnya meskipun sebenarnya tidak terlalu sulit karena sudah ada tutorialnya. Saya tak perlu lagi mencari-cari bagian template blog yang akan saya edit.

Secara garis besar ada 3 bagian yang ingin saya edit warnanya yaitu Menu Pages, Background header serta Menu navigasi. Kenapa hanya warnanya saja? selain lebih mudah editnya juga tidak akan mempengaruhi loading blog serta resiko error sangat kecil tapi bisa merubah tampilan blog. Setelah mencoba-coba melalui blog demo akhirnya pergantian tampilan blog ini beserta 3 blog lainnya bisa saya lakukan.

BACA JUGA : Ujian Sesungguhnya Bagi Seorang Blogger 

Terinspirasi Desain Warna Situs Disqus


Rencana awal sebenarnya saya ingin merubah semua warna dari ketiga bagian yang saya sebutkan diatas namun saat saya membuka situs disqus untuk mengecek komentar yang masuk saya dapat ide untuk mencontoh desain warna situs disqus khususnya dibagian header dimana ada 2 warna pada menu header yang paling atas hitam menu dibawahnya biru.

Nah terpikirlah untuk menggunakan warna hitam pada menu page, jadi saya tidak perlu mengganti warnanya karena bawaannya sudah hitam. Saya hanya perlu mengganti background header yang tadinya hitam menjadi putih biar kesannya terang dan saya juga suka warna dasar putih.

Sedangkan warna pada menu navigasi [kategori] saya rubah menjadi hijau biar kesannya adem. Kemudian Titel Blog dan Deskripsi pada header saya ganti menjadi warna hitam biar terbaca jelas dari yang asalnya putih.

Selain merubah warna header saya juga mengganti menu drop down menjadi menu biasa yang berjejer. Hal ini saya lakukan karena sejak berganti template menu navigasinya belum saya rubah. Kondisi ini ternyata menjadi perhatian sahabat saya Mas Richard Owner mrfdn Com. Ini tentu saja membuat saya tersipu malu ketahuan sifat Malasnya. Bahkan sampai sampai tanda obeng juga masih kelihatan. Akhirnya saya bereskan juga menu navigasi dan menghilangkan tanda Obeng.

Sekarang Blog Dwisu Tampil dengan Wajah Baru meski tidak banyak yang berubah semoga saja memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Kritik, Saran atau mungkin ada yang error ditunggu ya !
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 komentar

keren sampean, mas. menyambut tahun baru dgn ganti tampilan blog. aku gimana ya? nggak bisa bikin template, cuma bisa modif doang.

Balas

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam