Skip to main content

Biaya Bayar Domain Ternak Blog Setahun

DWISU.WEB.ID – Ngeblog itu pilihan hidup makanya apapun akan dilakukan jika sudah memutuskan untuk ngeblog salah satunya siap-siap keluar uang untuk membeli domain. Bukannya domain itu gratis? Iya sih tapi domain gratisan ada kekurangannya khususnya jika blog tersebut akan digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari jasa backlink atau artikel placement.
harga domain

Saya termasuk blogger yang memilih menggunakan domain berbayar atau TLD (Top Level Domain) sejak tahun 2015 atau setelah 4 tahun ngeblog menggunakan domain blogspot. Langkah ini ternyata membawa dampak yang positif buat saya, saya jadi lebih bersemangat ngeblog dan yang paling menarik adalah dengan domain TLD, blog saya sering mendapatkan tawaran kerja sama dari brand tertentu sebut saja tokopedia dan bukalapak dalam bentuk artikel placement.

Mengingat banyak keuntungan jika menggunakan domain TLD akhirnya pada tahun 2018 lalu saya memutuskan untuk menambah 3 domain TLD baru yaitu Palinguntung.com, Infopojok.web.id dan tayanglagi.web.id. Penambahan ini tentu sudah saya perhitungkan dengan matang. Saya sadar mengelola banyak blog itu tidak mudah apalagi saya blogger single fighter, semuanya saya kerjakan sendiri. Tercatat saat ini total blog yang saya miliki berjumlah 8 blog.


Rencananya 3 domain baru akan saya fokuskan untuk jasa backlink atau job review. Tadinya sih sekalian untuk optimasi adsense tapi saya merasa sulit untuk mewujudkannya karena untuk meraih penghasilan yang optimal dari Adsense dibutuhkan trafik yang tinggi sedangkan saya hanya bekerja seorang diri. Tapi dengan Job review tanpa trafik yang tinggipun masih berpeluang mendapatkan Job Review.

Hingga artikel ini saya tulis tinggal blog infopojok dan tayanglagi yang belum pernah mendapatkan job review mungkin karena umurnya masih muda baru 3 bulanan. Saya harus kerja keras agar 3 blog baru performanya menarik minat advertiser untuk berkerjasama dalam bentuk artikel review.

Kebimbangan muncul melihat perkembangan blogging yang semakin dinamis dan menantang terutama dari sisi algoritma Google. Meraih trafik blog saat ini lebih sulit dibandingkan era-era sebelumnya. Blog-blog sayapun terkena dampaknya bahkan blog andalan saya trafiknya turun efeknya penghasilan Adsensepun semakin jauh dari harapan.

Mana yang harus saya prioritaskan Adsense atau Job review? Namun setelah saya pertimbangkan job review untuk saat ini lebih menguntungkan. Jadi saya memutuskan akan tetap menulis artikel seperti biasanya, lupakan dulu trafik fokus pada update artikel 5 blog TLD.

Pertanyaan berikutnya yang cukup merisaukan adalah berapa biaya bayar domain untuk ternak blog selama setahun? Saya harus mulai menimbang untung ruginya jika saya memilih fokus pada job review. Jika memang masih menguntungkan saya akan tetap beternak blog begitu pula sebaliknya.

Biaya Bayar Domain Blog Setahun


  1. Dwisu.web.id Rp.60 500 registar Idwebhsot
  2. Mediakompilasi.com  Rp.132.500 registar Idwebhost
  3. Palinguntung.com Rp.132.500 registar Idwebhsot
  4. Infopojok.web.id Rp.55.000 registar Domosquare
  5. Tayanglagi.web.id Rp.55.000 registar Domosquare

Total Rp.435.000

Dari data diatas saya bisa mengetahui kalau biaya untuk perpanjangan domain selama setahun adalah sejumlah Rp.435.000 atau US $ 30. Melihat penghasilan dari Adsense dan Job review hingga bulan April ini ternyata sudah ketutup.

Kesimpulannya dengan biaya bayar domain sebesar itu tetap menguntungkan jadi tidak ada alasan bagi saya untuk patah semangat mengelola blog. Semoga setelah saya menulis artikel ini spirit nebglog saya bertambah.


Bagaimana dengan Sobat berapa biaya bayar domain yang harus dikeluarkan selama setahun?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar