Skip to main content

10 Syarat Blog Layak Mendapatkan Job Review

Jasa Review

DWISU.WEB.ID
– Mendapatkan penghasilan dari blog melalui artikel review atau Job Review bukan hal baru bagi blogger bahkan menjadi salah satu cara yang paling gurih karena cepat menghasilkan. Bagaimana tidak jika blog reputasinya sudah bagus cepat atau lambat akan mendapatkan job review ini bahkan tak jarang setelah mendapatkan sebuah job review akan disusul dengan job-job berikutnya, cukup menarik bukan?

Saya sendiri Alhamdulillah sudah merasakan penghasilan dari Job review ini bahkan masih berlangsung hingga sekarang. Blogger yang menekuni bisnis Job review ini disebut juga Influencer. Bagi yang belum tahu mungkin akan bertanya kok bisa sih blog Sampeyan (Baca : Kamu) mendapatkan Job review?

Perlu sobat ketahui setiap blog apapun nichenya punya peluang untuk mendapatkan Job review yang berupa artikel placement atau artikel review asalkan memenuhi syarat tertentu. Inti dari Job review adalah memasang backlink kontekstual atau sebuah link yang disisipkan kedalam artikel yang mengarah kewebsite lain (Pemberi Job/Advertiser). Tak salah jika job review ini disebut juga jasa tanam backlink.
Dan Advertiser lebih menyukai blog yang berkualitas backlinknya jadi tidak sembarangan memesan backlink disebuah blog karena justru akan berakibat fatal seperti terkena deindek contohnya memasang backlink kewebsite spam. Untuk lebih jelasnya Silahkan simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga : Saya Adalah Seorang Influencer

10 Syarat Blog Layak Mendapatkan Job Review Selengkapnya :


1.Domain Berbayar (TLD)

Sebelum sobat memutusKan untuk terjun kebisnis Job Review saya sarankan untuk menggunakan blog berdomain berbayar (TLD) Kenapa demikian? Berdasarkan pengalaman saya selama beberapa tahun menekuni bisnis Job review atau sebagai Influencer kebanyakan pengguna jasa Job Review ini mensyaratkan blog menggunakan domain berbayar. Untuk ekstensinya sobat bisa bebas memilih mulai dari Com, Net, Org, XYZ, Id,WEB ID, MY ID.

Apakah perlu menggunakan Hosting berbayar? Jika memang ada dana lebih itu akan lebih baik tapi kalau ingin hemat cukup menggunakan hosting gratis dari blogger atau custom domain blogspot. Saya sendiri dari 5 domain TLD yang saya miliki semuanya menggunakan hosting dari blogger.

2.Usia Blog Minimal 3 Bulan

Usia domain juga ikut mempengaruhi nilai blog Anda semakin tua usia domain akan semakin diminati advertiser. Namun tidak hanya mengandalkan usia domain faktor lain juga ikut mempengaruhi karena bisa saja ternyata domain tersebut didapatkan dari expired domain atau ternyata blog tersebut hanya digunakan untuk blog PBN.

Jangan heran jika beberapa Advertiser mensyaratkan blog yang diajak kerjasama bukan blog PBN tapi blog yang selalu diupdate. Meski usia blog 3 bulan sudah berpeluang mendapatkan job namun peluangnnya kecil karena kebanyakan advertiser mencari blog yang sudah berumur kecuali blog sobat aktif postingnya atau artikelnya sudah banyak dan punya relasi dengan advertiser.

3.Sudah Terindeks

Syarat ini bisa dibilang wajib karena blog yang sudah terindeks berarti bagus dimata google apalagi jika jumlah artikel yang terindeks sudah banyak. Blog yang artikelnya banyak terindeks apalagi masuk halaman satu menunjukkan blog tersebut reputasinya baik dimata google. Cara mengeceknya mudah tinggal mengetik site:url dipencarian Goolge.

Saya menjumpai sebuah broker Job review yang mensyaratkan jika ingin mengajukan kerjasama minimal jumlah artikel yang sudah terindeks 50 buah. Jika blog sama sekali tidak terindeks bisa menunukkan blog tersebut terkena pinalti dari Google atau kena backlist. Blog semacam ini tidak disukai advertiser karena backlinknya jelek atau tidak berkualitas.

4.Memiliki trafik

Trafik juga menjadi pertimbangan Advertiser dalam menentukan blog mana saja yang akan diajak kerjasama semakin tinggi trafiknya akan semakin bagus namun dengan trafik yang minimpun masih bisa mendapatkan Job.

Usahakan mendapatakan trafik organik dari mesin pencari seperti Google karena menjadi nilai lebih dimata advertiser. Dengan  adanya trafik oraganik diharapkan backlink yang mengalir lebih natural.

5.Topik Relevan

Backlink dianggap berkualitas jika berasal dari artikel yang setema jadi Advertiser akan mencari blog yang memiliki tema yang sesuai dengan bisnisnya misalkan starapp Properti akan memiliki blog yang temanya properti atau minimal memiliki kategori properti.

Apakah berarti harus membuat blog 1 topik atau blog niche? Jika sobat ingin mendapatkan lebih banyak Job hanya dengan sebuah Blog saya sarankan untuk membaut blog gado-gado atau multi topik. Jangan lupa buat kategori yang memang sering dicari advertiser seperti Properti, Keuangan, Lifestyle, Kesehatan, Pendidikan, Teknologi, Kecantikan, Traveling, parenting dan lain-lain.

6.Artikel Unik

Untuk meningkatkan nilai jual dimata advertiser sebaiknya dalam membangun blog diisi dengan artikel yang unik atau orisinil kalau terpaksa mau copas sebaiknya diedit dulu dan jangan lupa cantumkan Sumber jangan sama persis.

Blog copas rawan diclaim oleh pemilik artikel dengan dalih melanggar hak Cipta dan resikonya blog bisa dihapus oleh Google. Tentunya Advertiser tidak mau menanggung resiko ini maksudnya ketika backlink sudah ditanamkan ternyata blog tersebtu kena sangsi Google baik terkena deindek maupun penghapusan.

7.Tampilan Menarik

Desain blog bisa menjadi daya tarik bagi Advertiser karena secara tidak langsung akan mempengaruhi aliran backlink apalagi diera mobile sekarang ini. Algoritma Google juga mempertimbangkan desain blog. Desain yang bagus adalah yang responsive dan fast loading terutama jika diakses dari Mobile. Cek kecepatan desain blog sobat jika skornya A atau Hijau berarti sudah bagus.

Jika Sobat memiliki keahlian dalam mendesain blog mungkin tidak sulit untuk membuat desain blog yang responsive dan fast loading namun jika tidak cara yang paling mudah adalah dengan membeli template premium seperti yang saya lakukan, Harganya cukup terjangkau mulai Rp.100.000

8.Memilki Peringkat DA/PA

Kebanyakan advertiser/broker memilih blog berdomain TLD yang peringkat DA nya tinggi. Idealnya blog memiliki skor DA = 20 namun jika belum memenuhi minimal 10. Untuk mengecek skor DA bisa dicek mellaui situs MOZ atau lainnya.

Jika skor DA masih rendah silahkan perbanyak posting, menebar link baik melalui media sosial atau Guest Post.

9.Aktif

Blog yang aktif dalam artian selalu diupdate akan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan yang pasif atau blog PBN. Jika memang sobat mampu posting sehari sekali silahkan lakukan tapi jika tidak minimal sebulan 2-4 kali posting.

Jika blognya hanya satau mungkin tidak jadi masalah posting rutin, Bagaimana jika blognya banyak? Saya sendiri kebetulan memilki 5 Blog TLD, kiat saya agar semuanya tampak aktif saya mensiasatinya dengan psoting bergilir jadi semuanya kebagian update.

10.Jumlah artikel banyak

Meskipun syarat ini tidak mutlak namun semakin banyak jumlah artikelnya bisa menjadi nilai lebih dimata advertiser terbukti blog saya yang jumlah artikelnya 900++ sering mendapatkan Job review bahkan dari advertiser yang sama.

Jika memang jumlah artikel blog sobat sudah banyak jangan lupa tampilkan widget arsip diblog jadi advertiser bisa dengan mudah mengeceknya.

Demikianlah Artikel seputar 10 Syarat Blog Layak Mendapatkan Job Review Semoga Bermanfaat buat Sobat semua khususnya yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar