Skip to main content

5 Tips Jitu Mengelola Banyak Blog Seorang Diri


DWISU.WEB.ID
– Banyak Blog Banyak Rezeki, Pernah dengan ungkapan ini? Bagi blogger yang sudah lama berkecimpung didunia Blogging tentu sudah tahu kelebihan jika memiliki banyak blog. Apalagi alasannya utamanya karena uang. Dengan sebuah blog saja sudah mampu menghasilkan uang apalagi jika punya banyak Blog?

Itulah mengapa tidak sedikit blogger yang memilih membangun banyak blog bahkan ada yang hingga puluhan blog. Atas dasar itulah kemudian saya memutuskan untuk memiliki banyak blog, terhitung hingga hari ini saya memiliki 8 blog yang digunakan untuk monetisasi baik menggunakan Google Adsense maupun Job Review.

Baca juga : Blak-Blakan ini Dia semua blog Milik Saya

Apakah mudah mengelola banyak blog seorang diri? Menurut saya cukup sulit apalagi bagi pemula. Jadi saya sarankan jika sobat baru belajar ngeblog sebaiknya fokus pada 1 blog saja. Jika suatau saat sobat sudah mahir silahkan mencoba membangun banyak blog.

Berdasarkan pengalaman saya memiliki banyak blog yang semua artikelnya ditulis sendiri, keuntungan yang saya dapat diantaranya saya bisa mendapatkan penghasilan dari 2 sumber sekaligus yaitu dari Google Adsense dan Job Review (Jasa Backlink). Asyiknya lagi saya bisa mendapatkan Pasive Income dari beberapa blog tersebut dalam artian meski saya jarang update tapi penghasilan tetap ada walaupun tidak banyak.

Pertanyaannya kemudian bagaimana saya bisa mengelola banyak blog seorang diri? Inilah yang akan saya bagikan tips jitunya untuk sobat. Harapannya sobat bisa memiliki banyak blog yang bisa menghasilkan uang. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini :

1.Buat Blog Satu-satu Dulu

Membuat blog itu mudah dalam hitungan menit sudah bisa apalagi jika menggunakan domain gratisan. Masalahnya adalah bagaimana caranya agar blog tersebut ramai pengunjung atau minimal terindeks Google. Apalagi jika tujuan utamanya untuk dikaitkan dengan Google Adsense, tanpa trafik yang memadai tidak akan menghasilkan klik.

Jika sobat berniat membangun banyak blog sebaiknya dilakukan satu-satu dulu maksudnya kembangkan 1 blog yang dibuat sampai memiliki trafik organik yang memadai dan stabil barulah mulai memikirkan blog yang ke-2 dan seterusnya. Hindari membuat banyak blog sekaligus karena jika dikelola seorang diri akan keteteran dalam membuat artikelnya sedangkan blog baru perlu rajin posting agar cepat terindeks Google.

2.Pilih Niche yang tepat

Kunci utama dalam membangun sebuah blog adalah kemampuan dalam membuat artikel unik. Untuk menghasilkan artikel yang berkualitas dibutuhkan penguasaan tema artikel yang akan ditulis minimal mengerti apalagi jika expert dibidang tersebut akan lebih bagus lagi dan dilengkapi dengan user experience .

Jika sobat ingin blognya tidak berhenti ditengah jalan sebaiknya memilih niche blog yang tepat misalnya sobat hobi makan silahkan buat blog seputar kuliner atau jalan-jalan atau sobat ahli dibidang pemograman website silahkan buat blog yang berisi tutorial web desain. Apakah harus 1 topik?

Tergantung cara monetisasinya kalau hanya untuk Adsense blog 1 topik lebih bagus tapi kalau mau digunakan untuk Job review atau Jasa Backlink sebaiknya membagun blog Gado-Gado tapi kategorinya sesuaikan dengan keahlian.

3.Lakukan Set And Forget

Cara ini lebih cocok untuk blog-blog yang akan digunakan untuk optimasi Adsense, jadi sobat bisa membantu sebuah niche blog contohnya blog seputar bisnis kemudian jika blog tersebut sudah rutin mendapatkan trafik organik sobat bisa meninggalkannya tanpa perlu diupdate atau hanya sesekali saja.

Dengan cara ini tentunya sobat bisa membuat blog yang ke-2 dan seterusnya tanpa perlu takut blog sebelumnya turun trafiknya walaupaun kemungkinan turun tetap ada.

4.Posting Bergilir

Jika sobat ingin menghasilkan uang dari blog dengan cara menerima kerjasama dalam bentuk content placement atau artikel review biasanya advertiser akan melihat keaktifan blog yang diajak kerja sama semakin aktif update dan jumlah artikelnya banyak biasanya Advertiser akan lebih suka bekerja sama dengan blog semacam ini dibandingkan dengan blog yang jarang update atau Blog PBN.

Nah..jika sobat memiliki banyak blog lakukan posting secara bergilir jadi semua blog kebagian update artikel. Jika memungkinkan minimal sebulan posting 4 kali sehingga blog terlihat aktif. Jangan sampai blog sobat isinya hanya artikel review pesanan sehingga terlalu banyak outbond link (ODONG). Sebisa mungkin selingi artikel review dengan artikel tulisan sendiri jadi perbandingannya masih banyak artikel tulisan sendiri.

5.Rewrite Artikel

Seperti yang sudah saya ulas diatas bahwa kunci sukses membangun blog adalah kemampuan dalam membuat artikel unik. Jika blognya banyak otomatis kuantitasnya juga perlu ditingkatkan. Masalahnya kemudian bagaimana caranya membuat artikel dengan cepat tapi tetap berkualitas?

Salah satunya dengan cara rewrite artikel. Harap bedakan rewrite artikel dengan Copas ya karena copas itu hanya menyalin utuh atau diedit sedikit tapi redakisnya sama. Rewrite yang aman adalah cukup mengambil ide dasarnya saja sedangkan redakisnya dibuat menurut sudut pandang anda.

1 ide bisa dikembangkan menjadi 3 sampai 5 artikel untk blog yang berbeda dan ini legal. Lebih aman lagi jika sobat merewrite artikel buatan sendiri jadi misalnya sobat membuat artikel dengan topik peluang usaha didesa di blog A kemudian sobat membuat topik yang serupa untuk blog B dan C.

Tertarik untuk membangun banyak Blog? Silahkan coba Tips Jitu Mengelola Banyak Blog seorang Diri diatas dan Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar