Skip to main content

Cara Mudah Menambah Kapasitas Hardisk Tanpa Instal Windows

Kapasitas Hardisk

DWISU.WEB.ID – Sedang Asyik-Asyiknya Render Video Eh ditengah jalan ada Peringatan dari Sistem Komputer kalau Kapasitas Hardisknya tidak memadai sehingga proses Render harus terhenti. Kejadian seperti ini sering menimpa komputer saya maklum komputer saya kapasitasnya Pas-pasan tapi digunakan untuk meyimpan file Video HD yang ukurannya besar-besar.

Ini tentu cukup menjadi hambatan bagi saya sebagai kreator YouTube karena saya jadi tidak produktif dalam membuat Video. Saya sebenarnya mengakui keterbatasan komputer saya maklum komputer generasi lama Pentium 4 dan mirisnya kapasitas Hardisknya Cuma 40 GB. Kapastias sebesar itu hampir separuhnya digunakan untuk sitem Windows itupuan masih Windows XP Profesional.

Keinginan untuk menambah kapasitas Hardisk begitu besar. Saya berpandangan channel YouTube saya sudah bisa menghasilkan uang jadi kalau tidak dimaksimalkan kok rasanya sayang.

Bagimana caranya menambah hardisk?

Apakah saya harus keteknisi komputer?

Tidak ! Saya akan menggantinya sendiri dan saya pasti bisa!

Langkah ini terbilang berani tapi nggak nekat sih karena pengetahuan tentang Hardisk saya ketahui meskipun Cuma teorinya saja.

Baca Juga : Blogger Perlu Kuasai Skill Perbaikan Komputer

Ada 2 cara yang bisa saya lakukan untuk menambah kapasitas Hardisk yaitu :


1.Membeli Hardisk baru dan mengganti Hardisk lama.

Sekarang ini harga hardisk terbilang terjangkau contohnya Hardisk Seagate 500 GB Cuma Rp.180.000 garansi 1 tahun. Mulailah saya mencari-cari hardisk di Tokopedia dan banyak kok yang menjualnya. Setelah ketemu yang cocok saya simpan kedalam Wishlist. Saya mencari keberbagai lapak dan mencari yang ulasannya banyak dan postif.

Namun jika saya mengganti Hardisk yang lama dengan yang baru resikonya adalah saya harus menginstal ulang OS Windowsnya. Ini menjadi kendala tersendiri karena saya tidak punya Instalernya. Dulu saya meminta teknisi komputer untuk menginsatl Windowsnya.

2.Memasang Dua Hardisk Pada 1 Komputer

Dari informasi yang saya baca dari internet ( Terima Kasih Mbah Google 👍 ) ternyata bisa memasang 2 hardisk dalam 1 komputer. Dengan cara ini saya tidak harus menginstal ulang OS Windowsnya karena saya hanya perlu menambah saja. Saya baca infonya kelihatannya nggak susah.

Sayapun lebih condong untuk menempuh cara ini karena lebih irit, saya tidak perlu install lagi OS Windowsnya. Dengan modal 180 ribuan saja saya bisa menambah kapasitas hardisk komputer saya.

Setelah mantap sayapun tinggal memfilter pelapaknya yang sudah saya masukan kedaftar wishlist tapi yang benar-benar bagus reputasinya terutama masalah garansi. Ada hardisk yang baru ada pula yang bekas.

Kalau memilih bekas garansinya nggak lama Cuma 2 Minggu sedangkan kalau membeli yang baru garansinya cukup panjang yaitu 1 tahun. Saya memutuskan untuk membeli hardisk baru saja. Rencana awalnya saya akan membeli Hardisk WD Green 500 GB tapi saya agak ragu karena saya belum pernah membeli Hardisk secara online meskipun sebenarnya tak perlu kuatir karena ada garansinya.

Masalahnya jika ternyata barangnya rusak atau cacat saya harus menukarnya kembali dan ongkos kirimnya saya yang menanggung sehingga saya perlu keluar modal lagi.

Sayapun akhirnya memutuskan untuk membeli hardisk WD Green 180 GB SATA yang harganya lebih murah Cuma Rp.85.000 garansi 1 tahun.

Pertimbangan saya kalau memang ternyata hardisknya bagus saya bisa membeli lagi ketempat yang sama dengan kapasitas yang lebih besar lagi. Kalau ternyata hardisknya jelek paling tidak ruginya tidak banyak dan saya bisa memilih pelapak lain.

Pada tanggal 29 September 2019 kemarin Pesanan Hardisk WD Green 180 GB SATA dari Tokopedia Tiba. Berbekal Video tutorial yang saya tonton sebelumnya sayapun mencoba memasangnya sendiri.

Langkah-langkah yang saya lakukan untuk menambah kapasitas hardisk dengan menambah 1 hardisk lagi.

  1. Mencabut Power komputer dari colokan listrik untuk menghidari korsleting karena meskipun komputer sudah mati tapi kalau kabelnya masih menancap distop kontak masiha ada aliran listrik.
  2. Mencabut Kabel VGA dari Komputer karena jika tidak arus akan tetap mengalir dari monitor.
  3. Buka Casing Cpu bagian Kiri (Kalau saya komputernya dibiarkan terbuka sebelah casingnya)
  4. Masukan kabel data SATA ke Hardisk dan kemotherboard port SATA. Kebetulan port sata motherboardnya ada 2 , SATA 1 dan SATA 2. Saya Pilih SATA 2. Posisi hardisk belum saya masukan ketempatnya tapi saya letakkan disamping CPU.
  5. Masukkan kabel power dari PSU yang SATA konektor ke Hardisk
  6. Colokkan lagi kabel power dan VGA kemudian nyalakan komputer.
Komputer bisa tampil seperti biasanya dan sistem langsung mendeteksi hardware baru. Setelah kedetek oleh sistem untuk meyakinkannya saya langsung mengecek apakah sudah kedeteksi atau belum melalui MyComputer. Tadinya Hardisk saya ada 2 partisi yaitu drive C dan D tapi sekarang bertambah 1 drive lagi yaitu Drive E. Ini menunjukan penambahan kapasitas hardisk yang saya lakukan berhasil dan 100% tanpa install ulang dan Setting Bios.

Setelah Hardisk terbaca oleh sistem komputer sayapun kembali mematikan komputer dan melepas kabel powernya untuk memasang Hardisk ketempatnya yaitu diatas hardisk yang lama.

Demikianlan pengalaman saya  menambah kapasitas hardisk tanpa harus Instal Windows yang tentu cukup berguna bagi saya.
Tertarik untuk mencoba menambah kapasitsa hardisk? Selamat Mencoba!
*Catatan : Hardisk Komputer saya yang lama tipenya IDE.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar