Skip to main content

Perbandingan Modem Indoor Vs Modem Outdoor

Modem Internet

DWISU.WEB.ID – Apa yang Wajib Ada ketika akan mengakses Internet? Salah satunya Modem. Betul bukan?. Modem merupakan piranti elektronik yang mampu menyediakan sambungan internet yang bersumber dari ISP (Internet Service Provider). Dipasaran sendiri terdapat beberapa jenis Modem namun yang sering digunakan adalah Modem USB dan Modem MiFi.

Jika dilihat dari segi penempatannya ada 2 jenis Modem yaitu Modem Indoor dan Modem Outdoor. Umumnya pengguna internet lebih mengenal Modem Indoor yaitu modem yang penggunaannya untuk didalam ruangan atau rumah. Sedangkan modem outdoor prosentase penggunanya lebih kecil.

Saya sendiri pertama kali mengenal internet menggunakan modem USB (Dongle) . Dulu dijamannya jaringan CDMA saya sempat menggunkan Modem USB Esia. Saya juga pernah menggunakan modem GSM. Harus saya akui modem jenis indoor ini turut membantu saya sehingga bisa seperti sekarang ini.

Hal baru saya alami sejak sebulan yang lalu yaitu ternyata ada modem yang khusus untuk outdoor atau dalam pemasangannya akan lebih baik jika diluar ruangan. Hal ini saya ketahui setelah saya membeli sebuah paket modem+Router Bolt Titan BL400 dan BL401.

Uniknya lagi ternyata paket modem tersebut bekas peralatan dari operator Bolt yang sudah tutup. Layanan data ini mirip dengan XL Home dimana pelanggan akan mendapatkan Modem+Router. Namun  Modem yang digunakan XL Home ini termasuk Indoor.

Sedangkan Eks Peralatan Bolt Home terdiri dari 2 perangkat yaitu modem BL400 dan Router BL401. Hal yang membuat saya tertarik menggunakan Eks Modem Bolt Home ini adalah modemnya diletakkan diluar ruangan atau berjenis Outdooor.

Kebetulan saya tinggal diperumahan yang kontur tanahnya berbukit-bukit jadi seringkali sinyal dari operator seluler kurang kuat karena lokasi saya tidak loss dari BTS. Salah satu cara agar sinyalnya bisa diterima dengan baik adalah dengan menempatkan modem diluar ruangan, semakin tinggi tentu semakin baik.

Sayangnya selama ini saya belum pernah menjumpai modem yang bisa diletakkan diluar ruangan.

Sebenarnya ada cara untuk memperkuat sinyal internet seperti menggunakan antena penguat namun hal ini kurang membantu karena kebanyakan modem USB tidak dilengkapai Antena ekternal atau bisa juga memodifikasi Modemnya agar bisa diletakkan diluar ruangan namun hasilnya belum pasti.

Setelah saya menggunkan modem eks Bolt Home tersebut ternyata sinyalnya lumayan bagus bisa Full Bar dan Kecepatan internetnya juga tidak mengeceakan up to 20 Mbps.

Baca juga : Alat Wifi untuk dirumah Modal 200 Ribuan

Nah…pada kesempatan ini saya akan mencoba membandingkan Modem Indoor dengan Modem outdoor sehinggga bisa membantu kalian menemukan jenis modem yang pas untuk lokasi kalian. Oke..Berikut ulasan selengkapnya:

A.Kelebihan dan Kekurangan Modem Indoor

Kelebihan


1.Harganya Terjangkau

Banyak yang memilih modem indoor terutama yang modem USB karena harganya terjangkau bahkan ada yang harganya dibawah 300 ribuan itu saja sudah ada Wifinya. Saat ini Modem USB bukan satu-satunya sumber koneksi internet ada pula yang menggunakan tethering hotspot dari HP jadi sayang kalau harus membeli modem dengan harga yang mahal.

Modem USB biasanya memang khusus untuk kebutuhan data internet melalui komputer/laptop tidak bercampur dengan Telpon atau SMS sehingga keberadaanya tetap dibutuhkan walaupun sudah memiliki HP.

2.Instalasinya Mudah

Modem Indooor umumnya instalasinya mudah, terutama untuk modem USB karena Plug and Play tanpa software lagi. Namun jika kalian memilih modem Mifi settingnya agak berbeda tapi secara umum tidak rumit

Modem USB tidak membutuhkan peralatan tambahan seperti Kabel atau Adaptor, Pokoknya tinggal colok langsung bisa internetan.

3.Hemat Daya

Kebutuhan daya untuk modem Indoor terbilang rendah bahkan untuk jenis USB powernya mengambil dari komputer atau laptop sehingga lebih hemat daya.
Ada juga modem yang menggunakan baterai internal seperti modem Mifi tapi tetap saja hemat daya jadi cocok sekali jika digunakan seharian.

4.Bentuknya Portabel

Ini juga menjadi kelebihan dari modem Indoor karena rata-rata bentuknya kecil sehingga mudah dibawa atau dipindah-pindah. Apalagi yang modem USB bisa disimpan dikantong sehingga cocok bagi mereka yang sering berpergian tapi butuh koneksi Internet seperti bloger/Vlogger traveler

5.Mendukung SMS dan Menu Dial

Untuk berlanganan paket internet biasanya lebih  mudah dilakukan melalui menu dial contohnya *123# dari pada melalui website. Kebanyakan modem indoor terutama yang USB mendukung menu Dial jadi lebih mudah.


6.Lebih Awet

Modem Indoor selalu terlindung dari panas atau cahaya karena berada didalam ruangan sehingga lebih awet walaupun tergantung pemakaiannya juga. Kerusakan Modem indoor biasanya karena faktor kelalaian misalnya tersiram air atau jatuh.

Kekurangan


1.Daya tangkap sinyal Standar

Daya tangkap sinyal biasanya tergantung dari perangkatnya ada yang kuat ada pula yang lemah dan kekuatan daya tangkap sinyal bisa dilihat dari seberapa besar kebutuhan dayanya semkain besar tentu penguatannya akan semakin besar.

Modem Indoor sendiri rata-rata powernya standar apalagi yang model USB sehingga daya tangkapnya standar. Jika lokasinya bagus dalam pengertian antara modem dan pemancar tidak ada halangan mungkin tidak akan jadi masalah.

Namun jika lokasinya tertutup pohon, bangunan atau bukit mungkin tidak cukup dengan daya tangkap standar.

3.Mudah Panas

Bentuknya yang kecil mau tak mau komponennya disimpan dalam casing yang mepet atau ngepres sehingga sirkulasi udaranya kurang lancar. Ini bisa mengakibatkan modem cepat panas. Untungnya modem didisain untuk tahan panas dalam batas tertentu sehingga tidak mudah rusak.

4.Powernya terbatas

Seperti kalian ketahui kebanyakan modem Indoor menggunakan baterai internal ada pula yang tidak menggunakan baterai. Jika menggunakan baterai internal lama kelamaan baterainya habis sehingga
harus dicharge lagi. Hal ini menyebabkan pemakaiannya terbatas tidak bisa Non Stop kecuali Baterainya di By Pass.

Begitu pula jika menggunakan modem USB harus selalu tercolok keusb komputer yang Hidup kecuali yang ada wifinya tidak harus terhubung kekomputer bisa keport USB lain.

5.Sistem Operasi Komputer harus mendukung

Jika kalian memilih jenis modem USB perhatikan apakah sistem operasi komputernya mendukung Modem tersebut? Jika memang tercantum minimal Windows 7 jangan harap bisa diinstall kekomputer yang menggunakan Windows XP.

Jika kalian tak mau repot bisa memilih modem Mifi karena tidak harus terhubung dengan komputer.

B.Kelebihan dan Kekurangan Modem OutDoor


Kelebihan


1.Daya tangkap Sinyal Kuat

Modem outdoor daya tangkap sinyalnya kuat karena diletakkan diluar ruangan sehingga sinyal dari ISP bisa diterima dengan baik tanpa penghalang apalgi jika dipasang dipipa dengan ketinggian tertentu tentunya akan semakin kuat sinyal yang diterima.

2.Menggunakan POE

Faktir lain yang membuat sinyalnya kuat dalah karena menggunakan power internal yang cukup besar yang dilarikan melalui POE menuju modem outdoor. Power ini biasanya berupa adaptor dengan tegangan minimal 12 volt. Bandingkan dengan Modem Mifi yang baterainya hanya 5 volt.

3.Tidak tergantung OS tertentu

Modem outdoor umumnya didukung router yang memancarkan Wifi sehingga tidak tergantung komputer meskipun dalam settingnya menngunakan Komputer namun bisa juga menggunakan HP. Jadi  misalkan kalian tak punya komputer tapi modemnya ada routernya maka tetap bisa internetan menggunakan HP.

4.Non Stop Pemakaian

Keunggulan dari  modem outdoor adalah pemakannya bisa non stop. Hal ini sudah saya buktikan sendiri, saya jarang mematikan modem karena jika dimatikan maka butuh proses lagi sampai sinyalnya diterima dengan baik.

Kekurangan


1.Produknya Terbatas

Berdasarkan pengamatan saya jarang sekali saya temukan produk Modem outdoor dipasaran kebanyakan modem indoor atau mentok modem+router. Hal ini bisa terjadi karena mungkin dengan Modem indoorpun sinyalnya sudah cukup bagus.

Hanya daerah-daerah terntu yang membutuhkan modem outdoor sehingga tidak dilirik produsen modem untuk memproduksi modem otdoor.

2.Harganya Mahal

Modem Outdoor karena nantinya diletakkan diluar ruangan tentu harus didukung dengan material yang tahan cuaca dan tidak  mudah rusak sehingga komponen yang digunakan tidak seperti modem indoor.

Wajar saja jika kemudian modem outdoor ini harganya mahal itupun jarang saya jumpai. Saya saja karena memanfaatkan modem bekas Bolt home jadi harganya maurah.

3.Butuh Instalasi

Tidak seperti doem indoor yang tinggal colok, modem outdoor memerlukan instalasi khsusus mislanya buth kabel LAN yang panjang karena akan diletaskaan diluar kemudian buth pipa untuk memasangnnya jadi agak repot sedikit. Belum lagi harsu  emmanasgn kabel lank e roture tau mdoemnya dan adpatornya tapi smeuanya kan terbayar jika sinyalnya full.

4.Harus Log In ke IP Adress

Modem outdoor yang saya gunakan agar bisa connect harus log in dulu ke IP Adress routernya kemudian connect kan barulah bisa mengkses internet baik melalui komputer yang ada wifinya atau HP. Log in bisa melalui browser komputer atau HP.

Log in cukup sekali saja untuk selanjutnya tinggal hubungkan saja Wifinya.

5.Rawan Rusak

Masalah yang cukup mengganggu ketika menggunakan modem outdoor ini adalah ketika musim hujan karena jika pipa untuk meletakkan modemnya tinggi rawan terkena petir. Sebaiknya memang kalau sedang hujan disertai petir sementara menghentikan akses internet sampai hujan reda.

6.Sulit dipindah-pindah

Modem otidoor ini sulit untuk dipindah-pindah apagi jika menngunkan pipa dan kabelnya panjang. Jadi sebelum memasang modem outdoor pastikan lokasinya bagus jadi tak perlu dipindah-pindah lagi.

7.Tidak Mendukung SMS/Menu Dial

Salah satu kesulitan yang saya temukan ketika menggunakan modem outdoor adalah saat mau berlangganan paket internet karana tidak ada fitur dial apalagi sms. Satu-satunya cara adalah mendaftrakan paket melaui web resminya contohnya saya mendaftar melalui my.smarfren.com.

Demikianlah informasi seputar perbandingan Modem Indoor vs Modem Outdoor Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar