Skip to main content

Perbedaan Smartfren Unlimited dan Kuota

Paket Smartfren Unlimited

DWISU.WEB.ID – Perbedaan Smartfren Unlimited dan Kuota – Apakah Anda sedang mencari paket internet yang murah? Jika YA sepertinya Anda perlu mempertimbangkan Paket internet dari Smartfren. Operator seluler yang bekerja difrekuensi 2300 Mhz atau 4G LTE milik grup Sinarmas ini memberikan penawaran paket internet yang terjangkau mulai dari paket Harian, Mingguan atau bulanan.

Berawal dari kegundahan saya karena akses internet saya cenderung lambat kebetulan saya menggunakan HP Samsung jadul dimana jaringannya masih 3G ditambah lagi RAM HP nya kecil. Saya termasuk orang yang aktifitas internetnya padat maklumlah saya ini seorang blogger sekaligus vlogger. Apalagi kedua pekerjaan tersebut memang saya manfaatkan untuk mengais rezeki dari Internet.

Mau ganti HP yang 4G tapi dananya tak kunjung ada, Mau beli modem juga tanggung karena tinggal nambah uang bisa kebeli HP. Tak saya duga sebelumnya akhirnya saya kesampaian juga menggunakan jaringan 4G LTE. Ceritanya saya ikut grup Pegiat WIFI diFacebook nah dari situlah saya tahu kalau Eks Modem Bolt Home yang sudah tutup bisa digunakan sebagai modem.

Menariknya lagi Modem tersebut dijual dengan harga yang murah diTokopedia. Keinginan untuk membeli modem tersebut semakin besar karena modem tersebut mendukung operator Smartfren dimana sinyalnya cukup memadai didaerah saya. Singkat cerita kebelilah Modem itu dan saya mulai berlangganan paket Internet dari Smartfren.

Sebagai pengguna intenet yang menginginkan paket internet murah sayapun menggali informasi sebanyak mungkin dari paket internet Smartfren ini. Secara garis besar Paket internet Smartfren ada 2 yaitu paket internet Smarfren 4G Unlimited dan Paket internet 4G Smartfen kuota.

Baca Juga : Harga Kartu Perdana Smartfren Super 4G 

Lalu Apa perbedaan Smartfren Unlimited dan Kuota? Mari kita bahas.

Paket Smartfren 4G Unlimited


Paket ini menurut saya paket yang paling murah dari semua paket internet Smartfren bahkan jika dibandingkan dengan operator lain sekalipun. Bagaimana tidak dengan merogoh kocek Rp.70.000 sebulan, pelanggan bisa bebas internetan full 24 jam unlimited. Menarik bukan?

Sayangnya Paket Smartfren Unlimited hanya bisa digunakan diHP yang mendukung jaringan Smartfren tapi tidak bisa digunakan untuk Modem atau Mifi.

Satu hal lagi meski ada label unlimited namun Paket Smartfren Unlimited ini dibatasi dengan FUP ( Batas penggunaan Wajar) sebesar 1 GB per hari. Artinya jika dalam sehari Pelanggan telah menggunakan kuota sebesar 1 GB maka kecepatan Internetnya akan menurun hingga 128 Kbps.

Jika dirasa kurang maka pelanggan bisa memilih paket Smartfren unlimited yang FUP nya lebih besar yaitu 1,5 GB per hari dengan harga paketnya Rp.100.000 per bulan.

Paket ini tentu cocok sekali untuk mereka yang aktifitas internetnya tinggi seperti pemain game online atau YouTuber.

Pertanyaannya apakah bisa koneksi internetnya dibagikan melalui tethering hotspot? Dari informasi yang saya dapat katanya sih bisa tapi karena disitus resminya tidak ada penjelasannya silahkan dicoba sendiri. Jika memang bisa tentu menguntungkan sekali.

Bagaimana jika dibandingkan dengan paket internet kuota? Lebih murah mana? Mari kita hitung bersama.

Paket internet kuota 30 GB (Voucher) Harganya Rp.60.000 tapi 15 GB berlaku 24 jam dan 15 GB lagi berlaku dijam malam. Artinya sehari rata-rata pelanggan mendapatkan 500 MB 24 jam dan 500 MB dijam malam.

Paket Smartfren Unlimited tarif 1 Yaitu Rp.70.000 akan mendapatkan 1 GB sehari dengan kecepatan full jadi sebulan akan mendapatkan 30 GB kuota internet full speed (Best Effort). Jika ternyata habis masih bisa menggunakan internetan meskipun speednya berkurang drastis.

Ditempat saya saja dengan kecepatan 5 Mbps bisa lancar browsing maupun streaming jika kecepatannya diturunkan menjadi 128 Kbps tentu kurang memadai menurut saya.

Jadi jika dilihat dari kuota full speed 24 jam paket Smartfren unlimited lebih unggul dibandingkan dengan paket Smarfren Kuota.

Paket Smartfren 4G Kuota

Jika dibandingkan dengan operator lain menurut saya paket Smartfren 4G kuota masih cukup murah dengan catatan isi ulangnya menggunakan voucher data internet. Sebagai contoh saat ini saya berlangganan Paket Smartfren 4G Kuota dalam bentuk Voucher 30 GB harganya Rp.56.000.

Kuota sebesar itu dibagi 2 yaitu 15 GB berlaku 24 jam 15 GB lagi untuk internet jam malam. Buat saya 15 GB saja sudah lumayan besar dan cukup untuk internetan selama sebulan meskipun saya sering upload video keYouTube.

Jika 15 GB kurang saya masih bisa menggunakan kuota malam meskipun hanya berlaku dijam 01.00 hingga 05.00. Faktanya saya jarang menggunakan kuota malam karena repot harus bergadang tengah malam.

Kelebihan dari Paket Internet Kuota 4G ini adalah bisa digunakan pada Modem atau Mifi jadi koneksi internetnya bisa dibagi kebanyak perangkat. Contohnya modem outdoor yang saya gunakan koneksi internetnya bisa dibagikan melalui jaringan WiFi ke 16 perangkat.

Hal ini tentu cukup menguntungkan karena cukup dengan 1 kartu perdana saja untuk modem sedangkan perangkat lainnya cukup menggunakan jaringan Wifi jadi tidaks emua HP berlanganan paket internet.

Jika 30 GB sebulan masih kurang saya bisa membeli voucher data 4G Smartfren yang kuotanya lebih besar yaitu 60 GB dengan harga Rp.100.000.

Kesimpulannya Paket Smarfren Unlimited lebih menguntungkan dibandingkan Paket Smartfren Kuota walaupun paket tersebut hanya bisa digunakan pada HP yang mendukung jaringan Smarfren.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar