Skip to main content

Pasang 2 Hardisk 1 PC Fatal Akibatnya

PSU

DWISU.WEB.ID -  Meski peran Hardisk (HDD) mulai tergeser oleh SSD tapi keberadaannya masih tetap dibutuhkan. Harganya yang terjangkau serta kapasitasnya yang besar membuat pengguna PC masih menggunakan HDD. Meski  sudah ada SSD tetap saja mengkombinasikan dengan HDD. Ini jalan tengah agar tetap bisa merasakan kecanggihan teknologi SSD namun tidak menguras kantong.

Cukup memasang SSD dengan kapasitas kecil misalnya 120 GB, yang penting bisa install Windows sebagai sistem operasinya sedangkan penyimpanan file tetap dipercayakan kepada peran Hardisk.

Jujur saja saya termasuk pengguna PC yang masih belum menggunakan SSD. Bukannya tak mampu beli tapi PC saya generasinya sudah ketinggalan jauh jadi meski saya tambahkan SSD, Kinerjanya tidak akan maksimal meski ada sedikit perubahan.

Sampai detik ini saya lebih mengutamakan kapasitas Hardisk dari pada sekedar akses yang super cepat. Kenapa demikian? Sebagai pemain Youtube pekerjaan utamanya tentu saja membuat video. Nah disinilah permasalahnnya muncul karena semakin lama kapasitas hardisk semakin menipis. Mau dihapus videonya sayang karena bisa menjadi bukti kalau video tersebut memang buatan saya.

Akhirnya saya punya rencana untuk menambah hardisk lagi di PC saya atau pasang 2 Hardisk dalam 1 PC. Menurut tutorial yang saya baca di Google katanya sih bisa saja sehingga sayapun tertarik untuk mencobanya.

Hardisk barupun saya beli diTokopedia sebulan yang lalu harganya murah Cuma 80 ribuan. Kapasitasnya tidak besar sih Cuma 160 GB tapi sudah lumayan untuk menyimpan file video. Sengaja saya pilih yang kapasitas kecil dulu tujuannya agar saya tahu apakah hardisk tersebut bisa berkerja dengan baik jika dipasang bebarengan dengan hardisk lain dan juga apakah PC saya kuat?

Pemasangan HDD bisa saya lakukan sendiri dengan lancar dengan pembagian tugas, hardisk yang lama akan saya gunakan untuk sistem saja sedang hardisk yang baru untuk menyimpan file.

Setelah saya coba ternyata PC bisa berkerja dengan normal seperti biasanya. Tentu ini membuat saya senang. Sayapun jadi rajin membuat video dari yang biasanya sebulan paling 4 video sekarang bisa 10 video.

Baca Juga : Cara Mudah Menambah Kapasitas Hardisk Tanpa Instal Windows

Pasang 2 hardisk berbuntut petaka

Seminggu yang lalu saya dikejutkan dengan performa PC yang jelek yaitu sering Hang. Ini tentu mengganggu sekali pekerjaan saya yang sangat bergantung pada PC. Tanpa PC saya tidak bisa berbuat apa-apa. Menulis artikel dan Mengedit video terpaksa libur dulu.

Yang cukup mengagetkan adalah penyebab utamnya adalah karena saya pasang 2 hardisk dalam 1 PC. Benar-benar diluar dugaan!

Awalnya kerusakan ada pada bagian Power Supply Unit (PSU), ada sebuah elco yang meledak. Hal ini tidak saya sadari karena PC masih bisa nyala hanya saja ada keanehan saat Asyik digunakan kadang HANG.

Sayapun berusaha mencari penyebabnya dengan bertanya pada sebuah grup facebook. Ada yang mengatakan hardisknya sudah mulai rusak ada pula yang menduga karena suhu prosesor berlebihan.

Sayapun berinisiatif membongkar kipas prosesor lalu mengolesi pasta khusus siapa tahu sarannya membuahkan hasil.

Saya coba nyalakan kembali PC sambil melihat hasilnya tapi sayangnya penyakit Hang nya belum juga sembuh. Parahnya lagi setelah memberi pasta prosesor kok kipasnya malah mati! Duh Celaka kata saya.
Mau tak mau sayapun segera membeli kipas pengganti, 50 ribu melayang untuk membeli kipas prosesor baru.

Saya berpikiran setelah mengganti kipas masalah akan teratasi tenyata TIDAK! Justru bertambah parah…baru 5 menit Hidup langsug HANG.

Apa lagi Nih yang harus saya ganti?

Tiba-Tiba saya Menduga kalau keruskan ada pada PSU. Kecurigaan semakin kuat mengingat sebelum PC Hang ada bunyi aneh dari dalam komputer.

Kembali saya berinisitaif untuk membongkar PSU dan benar saja ketika dibuka ternyata ada sebuah elco yang meletus.

Tadinya saya sempat Bingung apakah mau beli PSU baru atau cukup mengganti komponen saja yang rusak?

Kalau saya membeli baru rasanya kok sayang karena saya baru 2 bulan pakai tapi kalau mau mencari komponen pengganti saya kesulitan menemukannya.

Untungnya saya teringat kalau saya masih menyimpan PSU sebelumnya yang sudah rusak. Saya bongkar dalemannya kemudian saya cari komponen yang sama dan beruntung ternyata Ada. Saya ambil solder lalu saya panaskan baru saya cabut dan pindahkan ke PSU yang baru.

Selanjutnya PSU saya pasang kembali kemudian saya coba hidupkan PC, Hasilnya ????

Sungguh diluar ekspetasi…Masih HANG.

Sampai Disini saya menyerah, Bingung bagian mana lagi yang harus diperbaiki.

2 hari saya biarkan sambil mencari-cari kira-kira apa masalahnya sampai pada satu kesimpulan HDD lama rusak. Saya Harus mencopot HDD lama dan memilih menggunakan 1 hardisk saja yaitu HDD yang baru. Masalah lain muncul jika saya pakai HDD yang baru. Saya harus install sistem operasi Windows lagi dan saya tidak punya Installer nya.

Untungnya saya punya teman blogger yang rumahnya tidak jauh dan kebetulan biasa install program. Mainlah saya kerumahnya untuk tanya-tanya seputar kerusakan Pc saya.

Nah..dalam obrolan saya dengan teman muncullah solusi yang belum saya coba yaitu mencopot HHD yang baru. Alasannya bisa saja PSU nya tidak kuat mensuply tegangan ke 2 HDD sekaligus.

Setelah sampai dirumah saya langsung mencoba saran teman saya yaitu melepas HDD yang baru.

Bagaimana efeknya??

Alhamdulillah… PC saya bisa Normal kembali seperti semula tanpa Hang Hang lagi.

Kesimpulan dari Kasus Hang nya PC saya adalah Pasang 2 Hardisk dalam 1 PC jika tidak didukung dengan PSU yang dayanya memadai akan menyebabkan kerusakan mulai dari PSU itu sendiri atau komponen lain seperti Kipas Prosesor. Fatal bukan akibatnya!

PSU yang saya punya Dayanya hanya 350 watt sedangkan PSU yang bagus setidaknya memilki daya murni 500 Watt jadi bukan sekedar tulisan di PSU saja. PSU semacam ini biasanya harganya mahal paling murah 500 ribuan apalagi yang bersertifikat Bronze bisa lebih mahal lagi. Bandingkan dengan PSU saya yang harganya Cuma 80 ribuan !

Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar