Skip to main content

Pengalaman Aktivasi Mandiri Online Ke Kantor Cabang

Mandiri Online

Pengalaman Aktivasi Mandiri Online Ke Kantor Cabang – Sejak bulan Februari 2020 saya sudah tidak bisa mengakses layanan Internet banking Mandiri melalui komputer saya karena Bank Mandiri sudah mengalihkannya ke Mandiri Online. Mau tak mau saya harus menggunakan mandiri online agar bisa bertransaksi secara online.

Sayangnya untuk mengaktifkan layanan mandiri online saya harus memilki Hp Android dengan versi Lolilop keatas. Sedangkan HP saya tergolong jadul, androidnya versi Jelly bean dengan kata lain tidak bisa menginstal aplikasi Mandiri online.

Sebenarnya saya bisa beralih ke layanan SMS banking tapi menurut saya lebih menguntungkan jika menggunakan mandiri online sebab selain bisa bertransaksi menggunakan aplikasi di HP saya tetap bisa bertransaksi melalui komputer. Layanan SMS dikenakan tarif SMS sedangkan Mandiri Online gratis yang penting ada koneksi internetnya.

Nah pas lebaran kemarin saya mendapatkan rezeki tak terduga sehingga saya bisa membeli HP dengan versi Android terbaru. Tak menyia-nyiakan kesempatan ini sayapun langsung merencanakan untuk mengaktifkan layanan Mandiri Online. Cara mendaftar dan mengaktifkan mandiri online sudah ada informasinya melalui website resminya dan pada intinya saya harus datang ke cabang Bank Mandiri terdekat.

Mengingat sekarang sedang pandemi covid 19 sayapun berinisiatif menghubungi layanan pelanggan di Twitter melalui DM. Saya menanyakan apakah bisa mengaktifkan layanan mandiri online secara online? Jawabannya ternyata tidak bisa. Nah dari chat ini saya juga dapat informasi jika nomor HP yang mau didaftarkan berbeda dengan nomor hp yang terdaftar, saya bisa mengurusnya ke Cabang terdekat.

Kebetulan dulu saya mendaftarkan nomor Indosat yang HP nya hilang, akhirinya rencana saya mau mendaftar SMS finansial ke Atm Saya urungkan nanti saja sekalian ke Kantor Cabang.

Baca Juga :  Cara Mengurus Kartu Indosat karena HP Hilang

Hari Jumat 12 Juni 2020 saya mengurus aktivasi Mandiri Online ke Bank Mandiri Cabang Cikarang Central City. Jarak dari rumah ke Bank Mandiri sekitar 7 Km. Saya berangkat jam 9.00 pagi. Saya pikir layanan CS bank tidak antri eh ternyata mengantri.

Sudah  lama saya tidak berkunung ke Kantor Bank karena memang saya jarang menabung, Rekening hanya saya gunakan untuk bisnis online atau menerima transferan uang. Disaat pandemi seperti sekarang ini ternyata Protokol kesehatannya ketat apalagi Bank Mandiri BUMN besar.

Saat saya masuk saya sudah dihadang 2 satpam yang menanyakan keperluannya apa. Setelah saya jawab saya dikasih nomor antrian dan formulir pengaduan yang harus diisi lalu disuruh menunggu dipanggil diruangan lain. Saya dapat antrian nomor 30 diluar dugaan saya ternyata banyak nasabah yang ingin menghubungi layanan nasabah. Ruangan yang untuk menunggu ada beberapa kursi plastik yang diatur jaraknya sekitar 1 meteran.

Sekitar jam 11.45 Nomor antrian saya baru dipanggil. Sayapun bergegas ke CS yang kosong. Sayapun menyerahkan formulir pengaduan ke CS tapi tetap saja ditanya apa keperluannya. Saya jawab saja mau mengaktifkan mandiri online. Saya ditanya lagi apa sudah mengaktifkan SMS finansial, Saya jawab belum alasannya nomor HP saya sudah ganti.

Ternyata saya tetap disuruh mengaktifkan sms finasial dulu melalui ATM. Sayapun bergegas ke ATM yang ada dipintu masuk. Untungnya proses pendaftaran SMS finansialnya sebentar sehingga saya bisa segera ke CS lagi. Setelah ditanya ini dan itu lalu disuruh ini dan itu akhirnya layanan Mandiri online di Hp saya sudah Aktif. Alhamdulillah...

Dari pengalaman saya diatas bisa disimpulkan tahap-tahap Aktivasi Mandiri online ke kantor Cabang adalah sebagai berikut :

1.Aktifkan dulu SMS finansial melalui ATM. Jika nomor HP yang digunakan untuk menginstall aplikasi Mandiri Online berbeda dengan nomor yang terdaftar pada saat mendaftar pilih ganti nomor yang terdaftar. Ikuti langkah-langkah yang tampil di layar ATM. Saat pendaftaran ini saya diminta membuat MPIN yang berisi 6 Digit. Ingat ingat atau catat MPIN ini karena akan diminta saat aktivasi Mandiri online.

Pastikan Pulsa di HP cukup karena SMS verifikasi berupa OTP akan dikrimkan melalui SMS. Jika sudah selesai Simpan struk pendaftaran.

2.Datang ke Cabang Bank Mandiri Teredekat atau pilih yang Antriannya sedikit dengan membawa HP yang sudah terinstal aplikasi Mandiri online yang bisa diunduh secara gratis di Playstore. Perlu dicatat Versi Andoridnya harus Lolilop keatas. Bawa persyaratan seperti KTP Asli, Buku Tabungan serta ATM. Pastikan di HP nya ada kuota internet.

Berhubung sekarang sedang Pndeni covid 19 Jangan lupa pake Masker dan Pastikan Anda keadaan sehat karena sebelum masuk akan di cek suhu tubuhnya oleh Satpam. Bila perlu bawa Hand sanitazer.

3.Jika sudah dipanggil/dilayani CS Bank Mandiri tunjukkan bukti struk pendaftaran SMS Finasial melalui ATM. Pada proses ini akan ditanyakan pekerjaan atau usahanya apa, Nama Ibu, Tempat tanggal lahir, Saldo terkahir, Transaksi terakhir.

4.Saat akitvasi Mandiri online harus mengisi data data seperti nomor debit ATM, masa berlakunya dan tanggal lahir, email. Nantinya akan ada verifikasi No HP dengan cara Pihak Mandiri akan mengirimkan kode unik yang nanti dkirimkan kembali ke 3355

Lalu membaut user ID (Bebas) dan PIN serta MPIN. Masukkan juga. PIN harus berisi gabungan dari huruf besar, huruf kecil dan Angka.

5.Jika Aktivasi berhasi maka bisa log in mengunakan user ID dan PIN yang dibuat.

Demikinalah informasi seputar pegalaman Aktivasi Mandiri Online ke Kantor Cabang Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar