--> Skip to main content

Cara Pasang Wifi Sendiri Modal Modem 4G

Pasang Wifi

Siapa sih yang tak suka nonton YouTube? saya yakin banyak yang suka karena memang banyak video yang menarik disana mulai dari hiburan, berita sampai tutorial. Sayangnya semakin sering menonton Youtube maka kuota akan cepat habis itulah kenapa disarankan pasang Wifi sendiri jadi lebih bebas.


Apa sih Wifi itu? lebih mudahnya wifi itu media yang bisa mengirimkan data tanpa kabel, nah data internet juga bisa dikirimkan jadi sebenarnya istilah pasang Wifi maksudnya adalah berlangganan ke sebuah ISP dengan akses internet unlimited (Tanpa batasan kuota) dengan dilengkapi router.


Di Indonesia sendiri banyak ISP yang menawarkan paket internet Wifi contohnya Indihome, Biznet, MyRepublic, FirstMedia yang rata-rata sudah menggunakan jaringan fiber optik. Sayangnya tidak semua wilayah terjangkau jaringan tersebut sehingga mau tak mau hanya mengandalkan paket internet dari operator seluler seperti Telkomsel, XL, Smartfren, Indosat dan lain-lain.


Nah...jika wilayah Anda tak terjangkau ISP fiber optik tapi ingin pasang Wifi sendiri bisa mencoba trik ini.


Cara Pasang Wifi Sendiri


1.Siapkan Modem 4G

Peralatan pertama yang harus Anda miliki adalah modem 4G. Sangat mudah mencari modem 4G tinggal memilih yang tepat. Usahakan memilih modem yang kuat hidup dalam jangka waktu yang lama jadi bisa non stop 24 jam.


Baca Juga : Perbandingan Modem Indoor Vs Modem Outdoor 


2.Siapkan Router

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas fungsi router adalah menyebarkan data internet sehingga bisa dibagi ke perangkat lain. Dipasaran cukup banyak merek router yang dijual seperti Tp Link, Tenda atau Totolink.


Jika memutuskan menggunakan router pastikan router tersebut mendukung modem 4G atau ada terminal untuk modem 4G.


3.Tentukan Paket internet

Anda tentu harus memilih paket internet unlimited bukan yang sistem kuota. Beberapa paket yang bisa Anda coba contohnya paket unlimited dari Smartfren atau By U. Tapi jika Anda ingin memilih paket unlimited tanpa FUP ( Batas pemakaian wajar) bisa mencoba By U.


Jika Anda memiliki modal yang cukup bisa membeli perangkat modem 4G dan Router terpisah namun jika uangnya pas-pasan bisa memilih Modem sekaligus router atau Mifi namun meski harganya terjangkau modem jenis ini menggunakan baterai internal seperti HP jadi harus selalu terisi baterainya. Kelemahan lainnya adalah penggunaannya di dalam ruangan jadi sangat tergantung  kekuatan sinyal operator seluler.


Ada saran lain yang mungkin cocok untuk Anda yaitu dengan menggunakan modem eks Bolt Home yaitu Bolt Titan BL 400. Modem ini cukup bagus penerimaannya karena modem outdoor dan menggunakan adaptor sebagai catu dayanya sehingga cocok digunakan non stop 24 jam.


Sayangnya Modem Bolt Titan BL 400 yang sudah di unlock hanya mendukung jaringan 4G 2300 Mhz jadi hanya bisa digunakan untuk operator Telkomsel dan Smartfren. Ada beberapa kasus dimana modem ini tidak bisa Telkomsel rumornya ada blokir IMEI namun faktanya masih ada pengguna yang masih bisa digunakan untuk Telkomsel. Jadi Pilihan Ada ditangan Anda.


Router yang digunakan disarankan menggunakan router yang memang pasangannya modem BL 400 yaitu Router BL 401. Kenapa demikian karena harga paketnya lebih murah dibandingkan dengan membeli cuma Modem BL 400 kemudian menggunakan merk router lain.


Jika Anda tertarik menggunakan modem Bolt Titan BL 400 dan router BL 401 bisa tonton video dibawah ini biar lebih jelas.


youtube image

Demikianlah informasi seputar Cara Pasang Wifi sendiri Modal Modem 4G semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar