--> Skip to main content

Resolusi 2020 Gagal saatnya Evaluasi


Tahun 2020 sebentar lagi akan berganti, seperti biasanya sebagai Blogger dan YouTuber saya perlu mengevaluasi resolusi yang sudah saya targetkan pada akhir tahun lalu. Tujuannya jelas sebagai indikator kemajuan atau kemunduran sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi ditahun mendatang 2021.

Setelah melihat, mencatat serta menghitung ternyata pencapaian yang saya raih tidak sesuai atau meleset dari perkiraan. Apakah ini pertanda sesuatu yang buruk? Tidak juga, karena ada juga yang menunjukkan grafik yang membaik sehingga perlu dipertahankan atau ditingkatkan.


Resolusi yang saya targetkan tahun lalu :

1.Meningkatkan DA blogTayanglagi dan Infopojok

2.One Day One Post (ODOP)

3.Mengejar syarat monetisasi YouTube

4.Prioritas Niche Blog Adsense

5.Optimasi Toko Online


Dari 5 resolusi tersebut hanya poin 3 yang paling mendekati hasilnya. Ini sebenarnya sudah saya duga sebelumnya karena dari statistik Youtube sudah terlihat. Dengan sedikit video channel Dwi Sugiarto bisa mendatangkan subscriber sebanyak 400 dengan penambahan 18 tiap bulannya. Saya upload beberapa video tutorial dengan durasi panjang. Hasilnya ternyata signifikan, subscriber semakin bertambah tiap bulannya dari yang tadinya cuma 18 subscriber jadi 50 subscriber sampai pada akhirnya di akhir tahun ini subscriber tembus 995 atau kurang 5 subscriber lagi.

Begitu pula dengan jam tayangnya, hingga artikel ini ditulis jam tayangnya kurang 500 jam lagi dari 4000 jam tayang yang menjadi syarat monetisasi YouTube. Dengan sisa 5 hari menjelang pergantian tahun mungkin target belum tercapai tapi saya yakin paling lama akhir Januari 2021 bisa tercapai. Kalau saya memperbanyak video lagi bukan tidak mungkin dalam hitungan Minggu sudah tembus syarat monetisasi.

Domain Tumbang Akibat tidak produktif

Tahun ini bisa dibilang kemunduran dalam bidang blog. Hal ini bisa dilihat dengan tumbangnya 2 domain saya yaitu www.palinguntung.com dan www.tayanglagi.web.id. Alasan saya tidak memperpanjang 2 domain tersbut karena dilihat dari statistik pengunjungnya dan sumber trafiknya tidak potensial. Kata kunci artikel jarang yang masuk halaman awal sehingga tidak menguntungkan buat diteruskan.

Berbeda dengan domain baru juga www.infopojok.web.id, meski jelmaan dari www.infopojok.com ternyata statistiknya bagus, sumber trafik kebanyakan dari Goolge dengan kata lain blognya sudah ada kehidupan tinggal ditingkatkan postingannya.

Untuk sementara blog Palinguntung saya alihkan ke sub domain www.bisnis.mediakompilasi.com. Jika nantinya ada tanda-tanda kehidupan atau mendapatkan trafik dari Google maka saya akan kembangkan dan bisa dipasang iklan Adsense.

Baca Juga ; 5 Skill seorang Digital Marketing paling Vital 


One Day One Post Gagal

Tahun lalu saya berambisi untuk bisa melakukan ODOP (One Post One Day), atau sehari publish 1 artikel. Faktanya memang saya gagal namun secara rata-rata tidak jelek-jelek amat. Tahun 2020 saya berhasil menerbitkan 179 artikel dari 8 blog yang saya miliki, artinya kalau dirata-rata tiap bulannya saya bisa membuat 14 artikel.

Bagaimana dengan tahun depan 2021? Apakah saya akan memasang target ODOP lagi? Sepertinya tidak, yang paling realistis adalah posting 2 hari sekali. Kenapa demikian? Penghasilan dari YouTube cenderung naik sehingga lebih menguntungkan kalau saya lebih mengutamakan Youtube dari pada blog. Apalagi jika channel kedua saya bisa lolos monetisasi otomatis saya akan lebih banyak membuat video untuk 2 channel saya.


Niche Blog Menjadi Perhatian

Poin 4 sebenarnya saya sudah melakukannya namun sayang saya kurang produktif, dari 3 blog niche yang ada saya hanya bisa membuat artikel sebanyak 15 setahun. Hasil ini tentu dapat rapor merah. Ditahun 2021 saya akan tetap melanjutkan misi ini yaitu memperbanyak artikel di blog niche yang bertema bisnis, audio dan elektronika.

Saya sepertinya perlu menggenjot semangat, karena sebenarnya saya bisa tapi entah mengapa saya kok malas. Saya harus melakukan perubahan besar-besaran karena saya sudah memiliki sebuah tools SEO premium untuk riset kata kunci jadi sayang kalau tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin.


Selamat Tinggal Toko Online

Tahun 2020 sepertinya menjadi tahun terakhir untuk domain cetakan7.web.id, karena rencanaya saya tidak akan memperpanjang domaain ini. Saya merasa peluangnya kurang bagus. Produk cetakan yang saya tawarkan harga dipasarannya sangat murah. Sedangkan saya hanya sebagai dropshipper jadi meski saya hanya mengambil keuntungan 10 % saja, harga yang saya patok bisa selisih 35 ribu dan itu belum termasuk ongkos kirim sedangkan dimarketplace bebas ongkos kirim atau potongan ongkos kirim jadi selisihnya bisa 50 ribu.

Meskipun peluang mendapatkan pembeli tetap ada namun sangat kecil apalagi konsumen sekarang sudah tahu situs marketplace aplagi iklannya gencar di TV.

Meskipun nantinya domain Cetakan7 sudah tidak ada namun masih ada properti toko online lainnya seperti Google Business, Fanspage, Instagram yang bisa saya manfaatkan. Jika situasi pasarnya sudah memungkinkan bisa saya hidupkan lagi.

***


Ada kabar gembira ditahun 2020, pada Agustus lalu saya lolos program pemerintah Kartu Prakerja. Kesempatan ini tak saya sia-siakan dengan mengambil 4 pelatihan dimana 3 pelatihan berhubungan erat dengan digital marketing yaitu kelas menulis konten kreatif, copywriting serta SEO.

Dengan mengikuti 3 kelas tersebut kemampuan saya dalam menulis konten semakin terasah, ada hal-hal baru yang belum saya ketahui contohnya tips membuat storytelling atau formula copywriting. Dengan kemampuan ini akan membuat tulisan saya semakin baik.

Diakhir tahun Saya juga mencoba menjadi penulis disebuah web berita portal Tasikmalaya, dimana jika saya mengirim artikel lalu bisa terbit saya akan mendapat bayaran. Sayangnya setelah 4 artikel bisa terbit diartikel yang ke-5 sampai sekarang belum terbit, saya nggak tahu apa alasannya.


Ditahun 2021 sepertinya saya harus lebih kerja keras lagi agar bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan minimal ada grafik peningkatan dibandingkan tahun 2020 apalagi dengan dukungan sarana dan prasarana yang ada serta skill yang saya miliki, alangkah ruginya jika saya tidak bisa meningkatkan hasilnya. Pasalnya saya sudah berlangganan internet unlimited, Monitor PC baru sehingga tidak ngadat lagi, Ponsel juga baru yang sangat layak untuk bermain YouTube.

Semoga tahun 2021 menjadi lebih baik, Aamiin.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar