--> Skip to main content

Kabar Baik! Channel Youtube Ketiga Disetujui Monetisasi

Channel Youtube

Memiliki sebuah channel Youtube yang bisa menghasilkan uang merupakan kenikmatan yang patut disyukuri. Bagaimana tidak! Syarat untuk bisa bergabung dengan YPP (YouTube Program Partner) cukup berat yaitu memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang dan harus lolos proses review.

Namun memiliki sebuah channel yang sudah lolos review atau sudah monetisasi bukanlah segalanya karena tanpa jam tonton yang banyak hasilnya juga belum bisa diandalkan. Nah itulah yang menjadi dasar kenapa saya membuat channel lagi meski saya sudah memiliki 2 channel yang sudah lolos review karena ternyata setiap channel memiliki rezeki sendiri-sendiri.

Faktanya mengupload video sebanyak-banyaknya belum tentu banyak juga penghasilannya, begitu juga sebaliknya. Hal itu terjadi pada salah satu channel saya yang belum banyak videonya namun dengan 1 video penghasilannya bisa tembus $40 per bulan.

Saya memutuskan membuat channel ketiga tapi kali ini saya membuat niche (Topik) khusus. Saya ingin berekesperimen, bagaimana hasilnya. Setelah saya mengupload beberapa video ternyata penontonnya lumayan banyak.

Dari 25 video yang saya upload ada 1 video yang performanya bagus. Saking bagusnya, video ini bisa mendatangkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. Fantastis! Diluar perkiraan saya. Awalnya saya menargetkan waktu 1 tahun untuk memenuhi syarat monetisasi namun faktanya saya hanya butuh waktu 1.5 bulan.

Channel dibuat tanggal 9 April 2021, Upload pertama tanggal 17 juni 2021 lalu memenuhi syarat tanggal 27 Juli 2021

Tanggal  27 Juli saya mengajukan channel untuk direview dan hanya butuh sehari atau 28 Juli surat dari youtube mengabarkan channel saya diterima monetisasinya. Alhamdulillah.

Channel Youtube

Ini tentu menjadi momen yang sangat berharga buat saya khususnya didunia per Youtube an dan internet marketing pada umumnya. Eksperimen ini bisa menjadi blue print ketika akan membuat channel baru lagi.

Berikut data channel ke-3 yang sudah lolos review :

  • Jumlah video 25 video
  • Tahun Pembuatan 8 April 2021
  • Total Waktu Tonton 7,1 ribu
  • Jumlah Total penayangan 115.514
  • Mengajukan Peninjauan 27 Juli 2021 pukul 14.29 
  • Di Approve 28 Juli 2021 pukul 18.38

Sumber Trafik terbesar

  1. Rekomendasi video
  2. Fitur jelajah
  3. Fitur Youtube lainnya
  4. Penelusuran Youtube


Baca juga :

Akhirnya Channel Youtube Di Approve, Review Cuma 20 Hari 

Proses Peninjauan Channel Youtube Cuma 1 Hari  


Dengan lolosnya channel ketiga ini berarti di tahun 2021 saya berhasil meloloskan 2 channel. Pertama pada 7 Januari 2021 dan menyusul channel ketiga. Sedangkan channel pertama lolos review pada 1 Agustus 2018.

Ini tentu menjadi kabar yang baik buat saya karena bertambah lagi 1 Aset Digital yang siap mendulang dolar dari internet. Disaat performa Adsense blog yang tak kunjung membaik, penghasilan dari Youtube bisa menjadi pelipur lara karena memang penghasilananya bisa 2 kali lipat dari blog.

Apalagi sekarang saya memiliki 3 channel yang sudah lolos monetisasi tentunya penghasilannya akan semakin menjauh dari penghasilan blog.

Semoga Channel ketiga ini bisa memberikan penghasilan dari Adsense yang memuaskan, Aamiin.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar