--> Skip to main content

Cara Membuat Landing Page Affiliate Shopee Program

Affiliate shopee


Pada 26 Agustus 2021 yang lalu, Permohonan saya untuk menjadi Affiliate Shopee program disetujui. Bukan sesuatu yang spesial sebenarnya karena sebelum ini saya juga sudah diterima menjadi affiliate di Lazada dan Blibli bahkan affiliasi lainnya seperti hosting, themes atau Ebook.

Selama menjadi affiliate saya hanya pernah merasakan sekali cair penghasilannya yaItu dari affliasi tokoone sekitar tahun 2014, itupun cuma Rp.10.800.

Hanya saja untuk mendapatkan persetujuan dari pihak Shopee ternyata tidak mudah, buktinya beberapa kali saya di tolak sampai akhirnya diterima.

Saya tertarik menjadi partner Shopee sebab dia merupakan E-commerce terbesar di Asia tenggara dan Taiwan melalui affiliate Shopee program. Di program affiliasi lain saya belum pernah berhasil konversi. Nah siapa tahu di affiliate Shopee ini lebih beruntung dan bisa jadi sistem affiliasinya lebih baik. Apalagi setelah saya menonton video seputar influencer KOL Shopee yang sudah menghasilkan uang jutaan rupiah.

Menariknya lagi para influencer tersebut menggunakan konten video baik di tiktok atau di Youtube sebagai sarana untuk mempromosikan link produk. Inilah yang membuat saya tertarik untuk bergabung dengan Affiliate Shopee Program. Kebetulan saya memiliki channel youtube yang subscribenya ribuan.

Belum sebulan sudah meraih konversi dari Affiliate Shopee Program

Saya pun langsung gerak cepat untuk mempromosikan link affiliate namun saya lebih mengutamakan promosi di Youtube. Alhamdulillah saya langsung memetik hasilnya, hingga artikel ini ditulis saya sudah mendapatkan 17 konversi.

Youtube saya akui memang media yang paling bagus untuk affiliate Shopee karena biasanya orang sebelum membeli barang akan menonton reviewnya terlebih dahulu. Hanya saya kalau videonya belum mendapatkan rekomendasi dari youtube agak susah juga.

Nah..untuk meningkatkan konversi saya mencoba membuat Landing page. Jadi nantinya saya akan mempromosikan Landing page ini ke media sosial sehingga kesannya tidak terang-terangan menyebar link shopee. Faktanya tidak semua netizen nyaman di tawarkan produk secara terang-terangan atau direct selling.

Dengan pemasaran secara convert selling atau pemasaran tidak langsung saya bisa membujuk netizen untuk mengklik Landing Page. Harapannya tentu saja setelah masuk ke Landing Page netizen akan memesan produk ke Shopee. 

Dengan skill menulis, saya bisa membuat content marketing melalui blog, video atau media sosial. Apalagi saya pernah mengikuti pelatihan online Copywriting, saya bisa bebas mempraktekan ilmu yang saya pelajari.

Cara Membuat Landing Page Modal Blogspot

1.Membuat blog di blogger.com

Langkah pertama, saya terlebih dahulu membuat blog gratis di blogger namun saya hanya akan memanfaatkan hostingnya saja sedangkan domainnya saya akan menggunakan domain sendiri atau domain berbayar.

Dalam kasus ini saya membuat blog dengan url: https://lapakinet.blogspot.com. Sebenarnya bisa saja langsung menggunakan domain gratisan ini untuk landing page. Sayangnya, menurut saya kurang profesional dan nama domainnya terlalu panjang.

2.Membeli/mendaftarkan domain

Langkah selanjutnya adalah membeli domain. Nantinya domain gratisan yang saya sebut sebelumnya akan dirubah jadi domain sendiri. Jadi ketika netizen mengakses domain ini sebenarnya menuju blog gratisan tadi namun hanya kontennya saja baik tulisan atau gambar.

Saya memilih menggunakan domain MY.ID karena harganya murah cuma 11 ribu per tahun walaupun kalau ada modal inginnya sih sekalian pakai domain COM hanya saja harganya lumayan mahal. 

Saya memilih nama domain LAPAKINET.MY.ID dan saya daftarkan di registar Domosquare.com pada 9 September 2021. Menariknya lagi saya hanya butuh berapa menit untuk memilih domain ini karena memang semuanya serba cepat. Pas muncul ide landing page ini langsung saya realisasikan.

3.Merubah domain blogspot ke domain sendiri

Saya lebih memilih mendaftarkan ke Domosquare karena proses merubah domain blogspot ke domain sendiri cukup simpel dengan menggunakan layanan free DNS. Tidak seperti registar lain yang agak ribet karena harus memasukkan satu persatu A record dan CNAME DNS.

Dengan layanan free DNS saya cukup memasukkan satu CNAME sehingga prosesnya bisa lebih cepat. Proses  propagasi domainnya juga cepat cuma 1/2 jam domain baru sudah bisa diakses.

Untuk prosesnya  lebih jelas silahkan tonton videonya: https://youtu.be/Ipuxrbm2Le8

4.Template Landing Page

Tema/themes/template Landing page beperan cukup penting dan tampilannya harus informatif, singkat tapi padat. Kabar baiknya saya memiliki template untuk landing page yang saya dapatkan saat membeli paket ebook dari ikhtiar lunas hutang. Template ini merupakan salah satu isinya.

Saya cukup terbantu dengan template tersebut karena saya bisa mengeditnya sehingga sesuai untuk produk yang akan saya promosikan. Butuh uji coba beberapa kali sampai saya menemukan tampilan yang pas.

5.Mengisi Konten

Pertama-tama saya membuat postingan/copywriting produk pilihan dari Shopee jadi bukan seperti postingan di toko online. Dipostingan ini saya menampilkan benefitnya serta deskripsi lengkap. Untuk tahap awal saya memilih peralatan martabak mini. Setelah itu barulah saya membuat halaman utama atau katalog produk yang akan selalu berada dihalaman depan Landing page.

Pada intinya, kalau ada yang berkunjung ke landing page ini lalu tertarik dengan salah satu produk maka jika mengkik katalognya akan mengarah kehalaman Copywriting dan disitulah saya sematkan link affilasinya.

Penasaran dengan tampilan Landing page untuk Affiliate Shopee Program? Langsung saja Ke TKP Lapak Inet 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar