--> Skip to main content

5 Kentungan Memiliki Kolam Internet Sendiri

Kolam Bisnis Online

DWISU.WEB.ID - Meraih penghasilan jutaan rupiah dari Bisnis online sudah bukan rahasia lagi. Kalau boleh mengatakan, Saat ini apa saja bisa di "Onlinekan". Ada teman saya yang sukses jualan benih padi meski hanya tinggal didesa. Ada pula teman yang sukses hanya bermodalkan channel youtube.

Pada dasarnya bisnis online prinsipnya hampir sama, ada penjual ada pembeli. Hanya saja pada bisnis online antara penjual dan pembeli tidak harus bertemu. Jika pada bisnis konvensional biasanya penjual akan mencari lokasi jualan yang banyak orang berkumpul contohnya pasar.

Berbeda dengan bisnis online, untuk menemukan target konsumen cukup dengan mempromosikan dimedia internet yang banyak pengunjunnya contoh yang paling mudah facebook. Namun promosi difacebook hasilnya akan bagus jika konsumennya tertarget sehingga lebih menjanjikan jika promosinya digrup atau Fanspage tertentu.

Nah..media internet yang tertarget inilah yang dinamakan kolam yang akan saya bahas pada artikel ini. Kenapa sih harus membangun kolam internet, bukannya banyak media tertarget yang bisa mempromsikan gratis? Iya sih tapi biasanya promosi disana terbatas bahkan ada yang harus berbayar. Kalau kolam tersebut milik Anda sendiri tentunya akan bebas mempromosikan jualannya.

Keuntungan Memiliki Kolam Bisnis Online Sendiri

Jika Anda berniat atau sedang merintis bisnis online alangkah baiknya dibarengi dengan membangun kolam bisnis online. Ini dia keuntungan yang bisa ada peroleh:

1. Gratis

Membuat sebuah kolam untuk bisnis online itu gratis. Anda bisa membangun kolam difacebook dengan akun pribadi, membangun grup atau fanspage. Media lainnya yang bisa digunakan seperti youtube, Tiktok, Instagram, Semua itu bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya atau 100% gratis.

Buat konten yang menarik secara rutin sehingga lama kelamaan followernya akan semakin banyak sehingga bias digunakan untuk mendapatkan konsumen. Disinilah anda harus belajar membuat konten kreatif (Creative writing) dengan tehnik storytelling atau copywriting. 

Baca Juga: Bagaimana Halaman Facebook Menghasilkan Uang 

2. Bermanfaat sepanjang masa

Jika kolam yang Anda bangun sudah banyak followernya Anda tinggal memetik hasilnya. Kolam ini bisa digunakan kapan saja Anda mau tidak ada kadaluarsanya kecuali kolam tersebut dihapus baik oleh pengembangnya atau Anda sendiri.

Jangan kaget kalau nantinya Anda mendapatkan inbox dari konsumen, entah itu menanyakan harga atau sekedar tanya-tanya meskipun Anda tidak posting konten. Itulah kelebihan kalau punya kolam sendiri, dibiarkan saja tetap ada interaksi apalagi jika rutin membuat konten.

3. Bisa menghasilkan penghasilan tambahan

Kolam difacebook (Fanspage/Grup), Youtube, Instagram jika sudah banyak followernya tidak hanya mendatangkan konsumen namun juga bisa menghasilkan penghasilan tambahan yaitu dari endorsement maupan Paid Promote. Asyik bukan, bisa dapat penghasilan dobel!

Tarif Endorsement atau Paid promote akan semakin mahal jika jumlah followernya banyak. Sebagai contoh, ada sebuah rumus untuk menentukan biaya paid promote pada sebuah grup yaitu Jumlah follower di bagi 2 itulah tarif per bulannya. Misalkan jumlah followwer 100.000 maka tarifnya Rp.50.000. 

4.Bisa dijual

Kolam internet layak disebut sebagai aset bisnis. Namanya aset tentunya bisa dijual. Grup atau fanspage yang banyak folowernya harganya cukup tinggi. Sebagai contoh teman saya memiliki channel dengan jumlah subscribe 5000 laku dijual 3 juta.

Tidak ada ruginya membangun kolam internet sebanyak-banyaknya apalagi buatnya gratis. Bukan berarti hanya rajin membuatnya tapi harus merawatnya juga dengan rutin membuat konten yang menarik

5. Cocok untuk berbagi bisnis online

Kolam internet ini tidak hanya bisa digunakan untuk 1 jenis model bisnis tapi bisa juga dimanfaatkan untuk berbagi model bisnis mulai dari toko online dropshipper, reseller, produsen. Bisa juga untuk bisnis Affiliate maupun Influencer.

Menariknya lagi Anda bisa mendapatkan Passive income dari kolam-kolam ini sebagai contoh saya memiliki channel youtube meskipun jarang upload video namun tetap mendapatkan penghasilan. Bayangkan jika saya aktif mengupload video tentunya penghasilan akan semakin besar.

Penutup

Mengingat begitu banyak keuntungan memiliki kolam internet, apakah Anda masih menunda-nunda untuk membuatnya?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar