--> Skip to main content

Cara Verifikasi Domain Non Hosting ke Search Console Melalui DNS

DWISU.WEB.ID - Beberapa waktu yang lalu saya dikejutkan dengan pemberitahuan dari Search console saat mau melihat perkembangan blog yang memberitahukan bahwa salah satu domain saya Bisnis6 belum terverifikasi kepemilikannya. Aneh! padahal domain tersebut merupakan custom domain blogspot dan berdasarkan pengalaman saya biasanya otomatis terverifikasi.

Setelah saya telusuri, saya langsung ingat kalau blog tersebut tadinya domain dengan self hosted. Karena ada masalah pada pengindeksan akhirnya saya memutuskan untuk tidak menggunakan hosting berbayar lagi tapi menggunakan hosting gratis blogspot atau custom domain ( Rugi dong sudah bayar mahal tapi tidak terindeks!).

Mau tak mau saya harus verifikasi ulang. Sempat bingung bagaimana caranya? soalnya saya belum pernah mengalami sebelumnya. Setelah saya cari informasi dipenyedia domain ketemulah caranya. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Custom Domain Blogspot Tidak Muncul Pesan Error

Cara verifikasi domain kesearch console melalui DNS

Kebetulan saya membeli domainnya di Idwebost, untuk registar lain mungkin tidak jauh beda.

1. Buka search console dan klik domain yang akan diverifikasi. 

2. Muncul kode verifikasi yang harus dimasukkan ke settingan DNS. Copy

3. Log in ke member area domain Idwebhost

4. Klik menu domain, pilih domain yang akan diverifikasi

5. Klik menu Kelola DNS.



6. Buat Record baru. Nama host isi dengan nama domain, jenis record Pilih SPF. Pada alamat isikan kode verifikasi yang diberikan Google.


7. Klik SIMPAN

8. Kembali ke search console. Klik verifikasi. Proses verifikasi tidak langsung disetujui karena harus menunggu sekitar 1-2 jam.


Catatan:

Cara ini hanya berlaku jika domain sebelumnya sudah didaftarkan kesearch console. Jika belum maka harus menambahkan properti baru.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar