--> Skip to main content

Beli Domain Murah Lagi Untuk Landing Page


Pada 14 November 2022 kemarin saya memutuskan untuk membeli domain murah lagi. Ekstensi my.id masih menjadi pilihan karena harganya lagi promo cuma 10.900 setahun. Murah banget! asyiknya lagi perpanjangannya cuma 14.900. 

Ditambah lagi saya punya saldo di Paypal yang tidak terpakai jadi lebih baik digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat. Saya membeli melalui Domosqure-com karena sudah langganan dan enaknya lagi ada fitur free DNS yang memudahkan saya ketika custom domain.

Domain ini rencananya akan saya gunakan untuk Landing page jasa backlink. Ini kali kedua saya membuat landing page dengan blogspot dan domain my.id. Sebelumnya sudah ada Lapak Inet.

3 Alasan Utama Beli Domain murah my.id

Kenapa saya lebih memilih beli domain murah? bukannya lebih profesional dengan domain com. Simak alasannya berikut ini.

1. Menghemat budget

Saya sudah memiliki 6 domain top level domain sehingga pengeluaran tahunannya lumayan besar bagi saya. Apalagi baru 3 domain yang berpenghasilan baik dari jasa backlink atau adsense. Domain my.id harganya murah sehingga tidak terlalu membebani pengeluaran domain tahunan.

Masalah klasik bagi blogger yang mengharapkan penghasilan dari blog salah satunya blog belum menghasilkan tapi harus bayar perpanjangan yang mahal. Sebagai contoh perpanjangan domain com sebesar Rp.149.900, sangat terasa.

Beda kalau biaya perpanjangannya cuma Rp.14.900, saya yakin tidak terasa berat. Itulah kenapa saya memilih domain my.id. Dari 6 domain yang saya miliki 3 menggunakan my.id.

2. Domain berbayar

Meski harganya murah domain my.id tetaplah domain berbayar bukan gratisan sehingga memiliki nilai lebih salah satunya url nya pendek. Saya sering melihat iklan di Facebook yang landing pagenya menggunakan domain my.id.

Lebih baik menggunakan domain murah tapi berbayar dari pada menggunakan blog gratisan meskipun desainnya bagus.

Jujur saja dari 3 domain my.id tersebut belum menghasilkan namun khusus untuk domain yang saya gunakan untuk landing page cukup membantu mendatangkan target konsumen untuk meraih konversi dari affiliate Shopee.

Dari data statistik didashbord blogger ternyata ada pengunjungnya meski saya jarang share.

3. Terindeks Google

Apapun ekstensi domainnya asalkan bisa terindeks maka dimata google statusnya sejajar dengan domain yang harganya jauh lebih mahal. Google tidak melihat domainnya tapi kontennya. Terbukti 2 hari setelah domain aktif dan landing pagenya jadi langsung bisa terindeks.

Blog dengan domain my.id bisa menghasilkan uang dari adsense atau jasa backlink asalkan trafiknya bagus, trafik organik, atau banyak artikel yang terindeks.

Apalagi jika memang tujuan utamanya untuk landing page yang tidak banyak artikelnya, asalkan bisa terindeks saja sudah cukup apalagi jika bisa masuk halaman pertama google.

Baca Juga: Menjadi Kaum Rebahan, Cita Cita Belum terwujud

Beli Domain murah dapat aged domain

Sudah lama sebenarnya saya merencanakan membuat  landing page untuk jasa backlink atau content placement namun baru sekarang terealisasi. Awalnya saya ingin mendapatkan job content placement selain dari Sosiago atau Raja backlink. Saat saya riset kata kuncinya ternyata Jasa backlink dan Jasa backlink murah memiliki pencarian bulanan yang potensial dengan persaingan yang sedang.

Tanpa pikir panjang saya mengecek domain jasabacklinkmurah.my.id di Domosquare dan ternyata tersedia. Berhubung harganya murah dan ada saldo paypal nganggur, saya pun memutuskan langsung membeli domain tersebut dengan harga promo Rp.10.900.

Celakanya, saya tidak mengecek histori domain tersebut terlebih dahulu disitus archive-org. Pas domain sudah aktif dan langsung saya buat custom domainnya barulah ketahuan kalau domain tersebut merupakan aged domain atau domain yang pernah dipakai sebelumnya.

Hal ini saya ketahui saat akan mendaftarkan sitemap di search console. Belum saya daftarkan tapi nyatanya sudah ada sitemapnya bahkan sudah didaftarkan sejak Desember 2020. Setengah panik saya langsung mengecek apakah terkena tindakan manual (deindeks) atau tidak. Puji syukur, Aman.

Peta situs


Penasaran saya cek ke archive-org dan tra la la...benar saja ada arsip yang tersimpan pada April 2021 dan Juni 2021.


Kebetulannya lagi ternyata yang pernah menggunakan domain tersebut adalah teman facebook yang memang buka jasa backlink dan jasa menaikkan DA. Saya pun langsung menebak, wah jangan-jangan DA nya tinggi nih!

Dugaan saya benar! setelah domain dan 1 artikel terindeks, terlihat dari tool ubbersuggest menunujukkan kalau DA domain ini cukup besar, bayangkan 34 bro! Rasa senang bercampur dengan tidak percaya.

Jasa Backlink murah

Saya tidak terlalu berharap dengan nilai DA ini karena dulu juga pernah membeli Aged domain yang awalnya tinggi tapi lama-lama turun padahal digunakan untuk blog. Kalau memang angka ini bisa terus bertahan, anggap saja saya lagi beruntung. Komitmen awal tetap harus dilaksanakan yaitu membangun sebuah Landing Page.

Setelah domain dan landing page aktif, tugas saya selanjutnya tak lain tak bukan membangun branding domain ini. Semoga Landing Page ini membawa berkah! Aamiin.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar