--> Skip to main content

Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Youtube



Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Youtube - Punya channel youtube yang sudah monetisasi sama artinya punya aset menguntungkan yang perlu dijaga. Salah satunya dengan menghindari pelanggaran hak cipta. Youtube sangat menghargai hak cipta jadi jangan coba-coba melanggar hak cipta apa pun bentuknya.

Resikonya channel youtube kamu akan dibanned jika pelanggarannya sudah berat. Sayang bukan?

Meski sudah tahu kalau melanggar hak cipta itu dilarang dan berusaha menghindarinya namun nyatanya masih ada saja youtuber yang belum paham khususnya pemula.

Baca juga: 10 Juta Pertama dari Youtube

Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta Youtube

Nah...untuk membahas hal tersebut kali ini saya akan berbagi tips agar terhindar dari pelanggaran hak cipta berdasarkan pengalaman saya menjadi kreator konten youtube selama 5 tahun atau lebih tepatnya menjadi mitra YPP.

1. Gunakan video orisinil

Hukumnya wajib mengunggah video orisinil buatan sendiri ke channel.  Ada beberapa cara menghasilkan video diantaranya merekam dengan kamera, tangkapan layar atau slide.

Video terbaik menurut saya dari hasil rekaman kamera baik itu kamera HP, SLR, miroless, Handycam, CCTV atau action camera. Hasilnya lebih natural.

Jika kalian memiliki kemampuan lebih dalam editing video bisa mencoba seperti apa yang dilakukan channel Calon Sarjana. Namun harus tetap memperhatikan hak cipta. 

2. Gunakan backsound free copyright dari youtube

Penggunaan backsound musik dalam sebuah video membuat video semakin menarik. Sayangnya mengambil backsound tidak boleh sembarangan. Pilih musik yang bebas hak cipta. Pilih yang tanpa atribusi biar tak repot.

Kemana mencari musik bebas hak cipta? yang paling mudah di audio library youtube. Pilih sesuai kebutuhan lalu download. Beberapa judul musik yang biasanya dipakai youtuber: Crimson fly, welcome, flames.

3. Hindari suara musik liar

Buat creator yang hunting video outdor, Sebaiknya melakukan perekaman dalam suasana yang sepi atau suara alam seperti kendaraan, burung, hewan. Hindari merekam video saat ada orang yang menyetel musik kencang yang memutar lagu berhak cipta. Meskipun tidak sengaja nanti akan kena teguran hak cipta.

Jika video sudah terlanjur sudah terekam kemudian ada musik liar yang masuk bisa dihilangkan terlebih dahulu saat diedit.

Demikianlah tips singkat cara menghindari pelanggaran Hak Cipta Youtube, Semoga bermanfaat!   

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar