--> Skip to main content

Cara Memilih Microphone Eksternal HP Terbaik

DWISU.WEB.ID,Cara Memilih Microphone Eksternal HP Terbaik-Apakah Anda sering membuat Video Orisinil tapi kualtias suaranya jelek? Kalau saya sering dimana ketika saya membuat video tutorial yang ada narasinya hasilnya kok kecil. Jadi ketika memutar video tersebut harus dengan volume yang keras itupun masih kurang terdengar jelas. Hal ini disebabkan karena saya  merekam video dengan microphone bawaan HP dengan jarak yang agak jauh dari mulut sehingga wajar jika suaranya kurang bagus.

 Microphone Eksternal HP

Itulah mengapa saya memutuskan untuk membeli Micrphone Eksternal HP agar hasil rekaman video saya suaranya jelas. Namun ketika saya mencari-cari disitus marketplace saya jadi bingung karena banyak pilihan dan yang jadi pertanyaan adalah apakah microphone tersebut kompatibel dengan HP saya, jangan-jangan setelah saya membeli eh ternyata saya harus membeli peralatan tambahan kan repot?

Dengan berbekal pengetahuan saya dalam dunia elektronika yang saya dapatkan dari Pelatihan di BLK Depnaker akhirnya saya bisa menemukan Microphone yang  cocok dan Harganya juga relatif murah. Setelah memesan kemudian microphonenya sampai kerumah saya coba microphone tersebut dan hasilnya ternyata lumayan bagus, sensitif dan hasilnya bening meskipun harganya tidak terlalu mahal.

Baca juga :
Tips Aman Membeli Speaker Via Online
Cara memilih Speaker Aktif Terbaik
Review Jam Tangan SKMEI 1025, Murah Berkualitas

Nah…pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara memilih Microphone Eksternal HP terbaik berdasarkan pengalaman saya membeli dan mencobanya langsung. Penasaran ? Berikut informasi selengkapnya :

1.Penggunaannya Fleksibel
Dipasaran ada 2 jenis Microphone eksternal HP /Laptop,  ada yang menggunakan clip adapula yang dipegang dengan tangan. Jika anda ingin pengggunaannya fleksibel anda bisa memilih microphone jenis clip karena cocok digunakan didalam maupun diluar ruangan bisa juga dipegang bisa juga ditempelkan kekancing baju.

Dengan menggunakan microphone eksternal jenis ini anda bisa merekam video/suara dengan kualitas vocal yang bagus karena posisi microphone bisa diletakkan sedekat mungkin dengan mulut. Suaranya juga akan semakin bagus karena menggunakan microphone khsusus tidak seperti bawaan dari hp yang fiturnya terbatas.

2.Langsung Bisa Digunakan
Microphone eksternal Hp terbaik yang perlu anda pilih adalah yang bisa langsung digunakan atau Plug anda play tanpa harus menggunakan peralatan tambahan seperti Splitter. Perhatikan betul-betul spesifikasinya apakah bisa langsung digunakan atau harus menggunakan splitter.

Cara yang termudah adalah dengan melihat jack 3.5 mm. Jika terdiri atas 2 kutub biasanya harus menggunakan splitter karena jack input Hp untuk Audio/Mic sudah disetting 3 kutub (Pole) yagn masing masing Ground,Jalur audio out (Speaker) dan Jalur Mic.
Pilihlah microphone eksternal dengan jack 3.5 mm 3 kutub dan pastikan memang bisa langsung digunakan.

3.Dilengkapi Filter Suara
Pilihlah Microphone Eksternal HP yang dilengkapi dengan filter suara yang biasanya berupa busa berwarna hitam yang menutupi head microphone. Dengan fiter suara ini rekaman video khsususnya rekaman outdoor terhindar dari suara berisik misalnya suara angin sehingga hasilnya lebih jernih.
Filter suara juga bisa berfungsi untuk menghindari debu/kotoran sehingga Microphone lebih awet.

4.Panjang Kabel Memadai
Panjang kabel Microphone HP perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli karena sangat mempengaruhi kinerja dalam proses perekaman atau input suara. Pilihkan panjang yang memadai minimal 1,5 meter apabila terlalu panjang juga akan mempengaruhi kualitas suara karena semakin panjang sinyal suara akan semakin lemah kecuali jika microphone tersebut dilengkapi dengan penguat ( Biasanya dilengkapi baterai internal).

Kabel yang terlalu pendek akan menghambat mobilitasnya terutama jika akan rekaman video outdoor.

5.Harga Terjangkau
Tak  bisa dipungkii kualitas dari perangkat elektronik seperti Microphone akan berbanding,lurus dengan harga, Semakin mahal biasanya semakin bagus. Namun jika peruntukkannya hanya untuk HP rasanya jika terlalu bagus juga akan kurang optimal kecuali jika anda seorang Youtubers pro dan menggunakan peralatan audio video atau software profesional tentunya lebih bagus menggunakan peralatan yang mahal.

Jika Anda jeli memilih dengan harga Rp.45.000 saja anda sudah bisa mendapatkan microphone yang bagus artinya suara jelas dan cukup layak untuk pemain youtube.

Demikianlah tutorial tentang Cara Memilih Microphone Eksternal HP Terbaik Mudah-mudahan Bermanfaat bagi Anda untuk menemukan Microphone yang cocok. Terima Kasih Atas Kunjungannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar