Skip to main content

Pengalaman Rumah Kemasukan Ular Kobra

Ular Kobra
DWISU.WEB.ID – Akhir-akhir ini diwilayah Jakarta dan sekitarnya bahkan terdengar juga di Jawa Tengah sedang mendapatkan teror, tak sembarangan terornya berasal dari hewan mematikan didunia yaitu Ular Kobra. Entah mengapa kejadian ini jadi viral padahal ular masuk kerumah bukan sesuatu yang baru. Peran media turut andil besar khususnya facebook karena beritanya bisa cepat menyebar padahal mungkin saja karena yang ditemukan baru menetas jadi jumlahnya banyak dan menghebohkan.

Antara ular dan Manusia sebenarnya sudah lama hidup berdampingan contohnya petani disawah sering bertemu ular dan manusia cenderung takut dengan ular apalagi ular berbisa semacam Kobra. Habitatnya yang sebenarnya berada dipesawahan, ditanah-tanah kosong atau lubang dalam tanah namun karena pergesaran fungsi lahan membuat habitatnya tambah sempit.

Akibatnya ular bisa berkeliaran disekitar rumah bahkan masuk rumah untuk mencari mangsa atau sekedar bersembunyi untuk bertelur. Nah jika Ular masuk kerumah ini yang jadi masalah apalagi jenis ularnya berbisa sangat membahayakan keselamatan jiwa. Bahkan meski tidak berbisa kalau ukurannya besar tetap berbahaya karena bisa membelit siapa saja.

Ular Cobra Masuk Kerumah Ini yang saya lakukan

Nah..kebetulan saya punya pengalaman yang menegangkan yaitu saat rumah saya kemasukan ular Kobra. Kejadian ini sebenarnya sudah lama terjadi namun tidak ada salahnya saya share disini. Lewat artikel ini secara tidak langsung saya ingin menginformasikan ular masuk kerumah bukan hal yang baru.

Kejadian itu terjadi selepas sholat Isya, saat itu saya sedang menonton Televisi. Disamping saya ada anak saya yang sedang tidur dikasur busa yang saya letakkan dilantai. Sedang asyik-asyiknya menonton televisi tiba-tiba saya melihat seekor Ular kecil berwarna hitam masuk melalui sela-sela pintu dan merayap kesamping kasur.

Spontan saya mengambil sebilah kayu dan langsung memukul ular tersebut. Saya kuatir ular tersebut mendekati anak saya yang sedang tidur. Saya masih ingat betul ketika akan saya pukul Ular yang masih anakan dan berwarna hitam tersebut bisa berdiri. Singkat cerita ular berhasil saya bunuh dan saya buang kejalanan. Terus terang saja saat itu saya panik maklum saya orangnya memang dari dulu takut ular.

Setelah keadaan tenang barulah saya teringat kalau ular yang bisa berdiri itu Ular Cobra. Saya bersyukur Allah masih melindungi keluarga saya karena tidak terjadi hal-hal yang buruk. Dari pengalaman ini agar kejadian ini tak terulang ada beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk mencegah ular masuk rumah atau menghindari bahaya dari ular yang masuk kerumah.


  1. Bersihkan Area sekitar rumah misalnya ada rumput yang tinggi segera dipangkas atau jika banyak lubang tikus segera ditutup karena lubang tikus bisa menjadi sarang ular. Lebih baik lagi kalau disemen.
  2. Tutup saluran pembuangan air dengan tutup yang ada lubang atau saringannya sehingga bisa mencegah ular yang masuk melalui saluran pembuangan air rumah tangga. Periksa juga saluran septik tank atau WC karena ada beberapa kejadian ular masuk kedalam lubang closet. Ngeri bukan?
  3. Pintu rumah sebaiknya dibuat rapat dengan lantai jangan sampai menyisakan lubang yang bisa dilewati ular sehingga bisa masuk kedalam rumah seperti dirumah saya. Saya sendiri kebetulan pintu rumahnya menggunakan roling door karena warung, mungkin ketika saya menutup kurang rapat sehingga ular bisa masuk.
  4. Membuang barang-barang yang tak terpakai apalagi yang ada lubangnya seperti guci, kaleng dan lain-lain karena dikuatirkan menjadi tempat persembunyian ular.
  5. Hidari menumpuk barang atau pakaian yang menyisakan celah.
  6. Lakukan bersih-bersih secara berkala terutama ditempat tempat yang tertutup seperti tempat dibawah kompor, Lemari.
  7. Gunakan wewangian karena kabarnya ular tidak suka wewangian seperti Cairan pembersih lantai atau kapur barus.
  8. Gunakan tempat Sampah yang tertutup rapat misalnya dari bahan plastik yang ada tutupnya karena bisa menjadi tempat ular. 

Baca Juga :
Kekuasaan Otoriter Seorang Tukang Tambal Ban
Ketika Hak Parkir Terampas
Sumbangan Tapi Wajib

Apakah Tindakan Saya Membunuh Ular Sudah Tepat?

Menurut saya sudah tepat karena ular sudah mendekati kepala anak saya tak ada pilihan lain kecuali langsung membunuhnya dari pada keselamatan anak saya terancam. Belakangan saya ketahui kalau bisa anak ular Kobra juga bisa mematikan jadi jangan dianggap remeh anakan ular Kobra.

Bagaimana jika keadaannya tidak darurat seperti itu? Misalnya rumah sepi hanya Anda saja atau memungkinkan untuk diusir atau dievakuasi?

Menurut syariat Islam ternyata ada tuntunannya jika rumah kita kemasukan ular. Informasi tentang hal ini saya ketahui setelah saya menonton video dari Ustad Khalid Basalamah. Kesimpulannya dari video tersebut adalah :


  1. Jika ular ditemukan dijalan Halal untuk Dibunuh.
  2. Jika Ular ditemukan dirumah Nabi Muhamad SAW menganjurkan sebelum membunuh ular harus diingatkan sabanyak 3 kali misalnya dengan ucapan keluarlah! 3x kalau sampai 3 kali nggak keluar juga maka bunuhlah. Sebab Kalau ular tersebut keluar berarti jelmaan Setan/Jin.

Demikianlah pengalaman Rumah Kemasukan ular kobra Semoga saja kejadian ini tidak menimpa Anda semua. Intinya banyak berdoa kepada Allah agar selalu dilindungi dari gangguan hewan berbisa seperti ular kobra.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar