Skip to main content

Resolusi Ngeblog dan Ngevlog 2020

Resolusi Ngeblog 2020

DWISU.WEB.ID - Tahun baru 2020 tinggal menunggu jam dan saat yang tepat bagi saya untuk membuat resolusi yang berkaitan dengan aktivitas Ngeblog dan Ngevlog saya. Harapan dari resolusi ini tentunya kedepannya saya bisa terarah jadi saya sudah punya planning apa saja yang akan saya lakukan ditahun baru 2020 untuk kemajuan blog, channel  YouTube maupun toko online.

Oh ya untuk akhir tahun 2018 saya tidak membuat resolusi apapun jadi saya tidak tahu kemajuan apa yang sudah saya peroleh pada tahun 2019 tapi yang pastinya saya beberapa kali gajian dari Adsense blog dan Adsense YouTube, Alhamdulillah...

Belum termasuk dari content placement. Biasanya saya rajin mencatat tapi entah mengapa untuk tahun ini saya tidak melakukan pembukuamn seperti tahun-tahun sebelumnya jadi saya tidak tahu pasti berapa penghasilan yang saya dapatkan dari Blog, Youtube serta Toko Online.

Untuk tahun 2020 Insya Allah saya akan rajin mencatat semua perkembangan blog, YouTube mapun toko nline sehingga ditahun depannya lagi saya bisa mengevaluasi semua pencapaian.

Baca juga :
Potensi Penghasilan dari Blog dan YouTube 2020
5 Tips Jitu Mengelola Blog Seorang Diri
Blak Blakan! Ini Dia Semua Blog milik saya

Apa saja resolusi yang akan saya buat?

Simak Informasinya Berikut ini :

Resolusi Ngeblog dan Ngevlog 2020

1.Meningkatkan DA Tayanglagi dan InfoPojok

Saya memiliki 2 blog baru dengan ekstensi WEBID yang terlantar. Hal ini disebabkan karena ekstensi domain ini sulit untuk diterima adsense jadi saya lebih mengutamakan blog-blog yang bisa dipasang iklan adsense.

Namun begitu domain akan habis masa berlakunya saya merasa sayang kalau sampai domainnya dihapus karena Skor DA nya mencapai angka 7 padahal jarang posting. Saya memutuskan untuk memperpanjang 2 domain tersebut dan akan menggunakannya untuk jasa content placement (Jual backlink).

Agar blog-blog tersebut menarik minat advertiser paling tidak saya harus meningkatkan skor DA nya minimal 10 dan memperbanyak postingan agar kelihatan aktif. Untuk meningkatakan DA ada beberapa cara selain memperbanyak posting, saya juga akan melakukan sharing kemedia sosial, menanam backlink kontekstual dari jaringan blog saya atau kalau memungkinkan mencari backlink melalui guest post.

2.One Day One Post (ODOP)

Dulu saya mampu menulis tiap hari meskipun hanya 1 artikel tapi beberapa tahun belakangan produktifitas saya menurun. Kadang saya menulis 3 sampai 7 hari sekali padahal ada 8 blog yang harus saya urus.

Untuk tahun 2020 saya akan mencoba menghidupkan lagi program ODOP ( One Daya one Post) atau psoting tiap hari 1 artikel. Dengan banyaknya blog yang saya urus saya harus mengatur strategi biar saya tidak kebingungan saat akan menulis artikel.

Kendala yang sering saya hadapi adalah mencari ide postingan yang belum saya tulis karena ketika saya akan menulis saya harus mengecek dulu apakah ide tersebut sudah saya tulis diblog itu atau belum.

Untungnya sekarang saya memiliki software Keyword resarch Ninja jadi saya lebih mudah mencari kata kunci yang akan saya tulis. Saya tinggal menulis kata kunci bidikan lalu klik search nantinya akan muncul deretan kata kunci yang bisa saya gunakan untuk semua blog saya.

Sebelum menulis setidaknya saya harus sudah mengumpulkan beberapa kata kunci jadi pas mau menulis sudah ada idenya tinggal mengembangkannya menjadi tulisan.

3.Mengejar Persyaratan Monetisasi YouTube


Awal tahun 2017 saya mencoba peruntungan bermain YouTube dan Alhamdulillah membuahkan hasil pada tahun 2019. Saya sudah bisa gajian dari Adsense YouTube. Nah kebetulan saya memiliki sebuah channel lagi yang sudah separuh memenuhi persyaratan.

Agar sebuah channel YouTube bisa dimonetisasi maka harus sudah memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang. Saat ini channel tersebut baru memiliki 428 Subscriber dan 1163 Jam tayang. Asumsi saya meski saya jarang mengunggah video tapi setidaknya subscriber bisa bertambah 18 orang per bulan apalagi jika saya rajin upload video?

Itulah mengapa bulan Desember ini saya mulai mengunggah video dan mempromosikannya melalui media sosial maupun melalui blog-blog yang saya miliki.

Target saya akhir tahun 2020 channel tersebut bisa memenuhi syarat monetisasinya sehingga bisa didaftarkan ke Adsense. Jika dihitung-hitung berarti sebulan saya menargetkan mendapatkan 47 subscriber dan 236 jam tayang.

4.Prioritas Niche Blog Adsense

Sejak Google Adsense menerapkan aturan Add Site untuk blog baru yang akan dipasangi iklan adsense saya jadi berpikir untuk mengoptimalkan saja blog-blog adsense yang ada dari pada membuat blog lagi yang sekarang ini ada 6 blog. Diantara 6 blog tersebut ada 3 blog niche dengan domain blogspot. Meski menggunakan blogspot tapi bisa menghasilkan klik dan trafiknya stabil.

Saya berencana mengoptimalkan blog niche tersebut dengan cara memperbanyak artikel minimal 1 artikel per bulan. Kesulitan yang sering saya hadapi ketika menulis artikel di blog niche adalah topiknya yang sempit jadi saya harus memilih ide artikel yang sesuai dengan nichenya.

Ada satu blog yang agak mudah menulisnya yaitu yang topiknya audio karena saya bisa mengandalkan artikel review.

5.Optimasi Toko Online

Saya memiliki toko online yang menjual cetakan martabak mini tapi belakangan ini sepi pembeli walaupun ada sih PM yang masuk menanyakan produk atau harga namun belum ada yang beli lagi. Sebenarnya saya agak “Malas” melanjutkan jualan produk ini karena ada penurunan kualitas dari produk tersebut walaupun harganya juga turun.

Selain itu produk ini rawan terjadi kerusakan saat proses pengiriman terbukti saya pernah 2 kali produknya rusak ketika sampai ditujuan. Hal ini tentu merepotkan saya dan juga pembelinya, memang sih ada garansi tukar baru jika terjadi kerusakan tapi prosesnya itu yang menguras pikiran.

Pernah terpikirkan oleh saya untuk berhenti jualan cetakan martabak mini tapi rasanya kok sayang soalnya media untuk mempromosikannya masih aktif sampai sekarang mulai dari  Google Bisnis, video youtube, artikel blog maupun fans page facebook.

Kedepannya mungkin saya perlu keberanian untuk menghadapi semua resiko yang penting mendapatkan keuntungan meskipun nantinya ada kerusakan dalam proses pengiriman. Toh walaupun nantinya rusak supplier berani memberikan garansi.

Saya berencana mengoptimasi website atau Landing Blog toko online Cetakan7. Sejak awal saya hanya terpaku pada sebuah produk cetakan martabak mini 7 lubang padahal ada jenis lain misalkan saja cetakan yang 8 lubang atau yang harganya lebih murah. Dan jika dikumpulkan semuanya berjumlah 3 produk.

Saya ingin membuat tampilan Website toko online yang memajang semua produk tersebut bukan lagi dengan Landing Page atau Salles Letter.

Statistik Blog 2019


  1. Mediakompilasi.com : 952 Artikel
  2. Dwisu.web.id : 333 Artikel
  3. Palinguntung.com : 76 Artikel
  4. Bisnis Warung : 193 Artikel
  5. Audio Terbaru : 44 Artikel
  6. Bisa Elektronika : 17 Artikel
  7. Info Pojok : 166 Artikel
  8. Tayang Lagi  : 35 Artikel


Statistik YouTube 2019


  1. Dwisuwebid  Channel  : 134 Video
  2. Dwi Sugiarto Channel : 45 Video


Demikianlah artikel tentang Resolusi Ngeblog dan Ngevlog 2020 Mudah-mudahan bisa menjadi pemicu  semangat bagi saya untuk terus berkarya baik di blog maupun di YouTube.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar