Iklan

Iklan Adsense Youtube Muncul,Langkah Selanjutnya?

Posted by Dwi Sugiarto on Minggu, 29 Oktober 2017

Iklan Adsense Youtube Muncul,Langkah Selanjutnya?-Hore…! Akhirnya Channel Youtube DWISUWEBID milik saya disetujui sepenuhnya oleh adsense setelah 2 hari menjalani masa review.Seperti anda ketahui untuk bisa menampilkan iklan atau menetisasi channel youtube harus memiliki jumlah view/penayangan sebesar 10.000 dan setelah itu akan direview oleh Tim Adsense layak atau tidak.

Iklan Adsense Youtube

Uniknya saya mengetahui channel disetujui setelah melihat iklannya tampil di video saya melalui ponsel.Tadinya saya pikir review akan memakan satu minggu jadi dari pada saya bolak balik buka email mendingan saya lihat lewat video langsung untuk memastikan iklan benar-benar muncul karena ada juga yang setelah disetujui malah iklannya belum tampil,Kan Repot?

Barulah setelah saya yakin iklannya muncul saya cek email dan ternyata memang benar channel saya telah disetujui sepenuhnya.Ada rasa senang karena saya membangun channel tersebut mulai dari nol dan butuh perjuangan.Bagaimana tidak aturan baru mewajibkan jumlah penayangan channel harus minimal 10.000.

Butuh 7 bulan saya bisa meraih jumlah penayangan sebesar itu dengan bermodalkan 23 video orisinil,Kok lama banget ya? Yah Namanya juga Vloger Pemula dan saya tidak terlalu ngoyo membangun channel tersebut karena Skill saya belum memadai baru sekedar buat video lalu upload.Saya belum mahir edit video,buat thumbnail yang keren atau narasi yang bagus.

Banyak keterbatasan yang menghambat saya untuk membuat video yang bagus salah satunya spesifikasi komputer saya yang tidak mendukung sehingga tidak bisa menginstall software editing video terkini.Saya cukup puas menggunakan software VSDC Free Lumayan lah Untuk render video meski sebatas menggabung video,menambahkan teks/logo,memformat file video,menghilangkan vokal atau potong video.

Baca Juga :
Main Youtube Membuat Tekor Kuota
Perlukah Intro opening pada video?
Aturan Baru Youtube 10K View Vlogger Pemula Gigit jari

Selain keterbatasan Hardware dan software,koneksi internet juga menjadi penghambat produktifitas dalam mengunggah video.Maklum koneksi internet saya masih menggunakan jaringan 3.5 G(HSDPA) dimana tarifnya masih terbilang mahal untuk ukuran saya.

Namun dengan segala keterbatasan itu saya ingin mencoba peruntungan saya dalam mencari penghasilan melalui video youtube apalagi iklan sudah tampil sudah saatnya saya memaksimalkan video youtube.Lalu langkah apa saja yang  selanjutnya akan saya lakukan?

1.Unggah video secara rutin
Saat ini view harian channel saya masih cukup kecil sehingga penghasilannya belum bisa diharapakan.Untuk itu langkah pertama yang akan saya lakukan adalah memperbanyak unggahan video ke yotutube agar viewnya juga meningkat.Sebagai gambaran view 8000++ baru dapat penghasilan sekitar $1 lah channel saya baru mendapatkan 4000++ per 28 hari.Masih kecil banget bukan pendapatannya?

2.Optimasi Video
Ada dua cara meningkatkan view channel yaitu dengan upload video sebanyak-banyaknya dan optimasi video.Cara yang Pertama, yang penting upload video orisinil apa saja,rekam apa saja dalam jumlah yang banyak tanpa memperhatikan optimasi video dan yang kedua adalah memilih-milih topik yang sekiranya mendatangkan pengunjung dengan riset judul,deskripsi dan Tag.

Secara teori cara pertama tentu lebih cepat mendatangkan view,anggap saja 1 video bisa mendatangkan 20 view kalau sehari bisa upload 10  videonya saja bisa mendatangkan 200 view/hari.Tapi sayangnya cara ini membutuhkan kuota internet yang tidak sedikit apalagi videonya berformat HD.

Bagi vlogger yang berlangganan paket kuota tentu sangat berat karena membutuhkan modal yang tidak sedikit tapi bagi yang berlangganan paket internet unlimited tentu bukan suatu masalah dan saya termausk vloger yang berlangganan paket kuota jadi harus siap-siap keluar duit lebih untuk beli kuota.

Sedangkan cara kedua lebih menghemat kuota karena saya tidak harus upload video banyak-banyak yang penting videonya banyak yang mencari dan setelah optimasi video ternyata bisa masuk halaman satu youtube peluang mendapatkan view yang banyak cukup besar.Namun tetap ada kelemahannya yaitu jika ternyata video tersebut kalah bersaing dipencarian sama saja videonya sepi pengunjung.

3.Membidik Video Tutorial
Video tutorial masih cukup diminati apalagi jika penyampaiannya mudah dipahami pengunjung.Nah saya ingin lebih fokus membuat video tutorial kebetulan saya memiliki keahlian dibidang elektronika jadi banyak ide yang bisa saya jadikan video selain itu saya juga akan memaksimalkan pengetahuan saya tentang bisnis kebetulan tiap hari saya berkecimpung didunia bisnis.

Topik bisnis ternyata cukup diminati pengunjung terbukti video populer channel saya topiknya bisnis sedangkan topik elektronika belum terlihat hasilnya karena saya baru upload 1 video.

4.Menyiapkan Anggaran untuk koneksi internet
Bermain youtube sangat membutuhkan kutoa yang banyak baik untuk upload atau menonton video oleh karena itu harus diperhitungkan juga biaya yang nantinya akan dikeluarkan karena saya berlangganan paket internet kuota.Jika hanya mengikuti keinginan bisa-bisa dompet terkuras habis untuk itulah saya akan menganggarkan biaya yang akan saya gunakan untuk berlangganan paket internet kuota dan sebisa mungkin saya menggunakan kuota sebesar yang yang saya anggarkan.Untuk tahap awal saya akan menganggarkan 100 ribu.

 5.Promosi Channel
Salah satu kunci sukses sebuah channel adalah banyaknya subscriber karena mereka akan dengan sukarela mengunjungi channel youtube  saya apalagi jika mereka benar-benar subscriber karena mereka butuh informasinya bukan sekedar saling subscribe antar Vloger.

Untuk sebuah channel baru seperti DWISU WEBID tentu belum banyak subscribernya untuk itu saya harus banyak mempromosikan channel Youtube saya baik melalui blog atau sosial media.Untungnya saya memiliki beberapa blog yang bisa saya gunakan untuk mempromosikan channel saya. Dan yang potensial mendatangkan subscribe adalah yang blog yang berjenis niche blog karena saya tinggal membuat video sesuai niche blog saya kemudian saya embed ke blog.Saya juga bisa memanfaatkan halaman fanspage dari blog niche saya.

Itulah 5 Langkah yang akan saya lakukan setelah iklan adsense Youtube Muncul Semoga bisa terealisasi sesuai rencana. 

Previous
« Prev Post

Related Posts

11.54

8 komentar:

  1. Wah selamat mas, udah punya akun youtube dengan adsense.. bisa cepet gajian dong yaa..

    Youtube saya baru dikit videonya, yang satu jadi unggulan baru 4000 viewer, masih lamaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masih lama mas....ini akun khusus YT mas nggak campur blog

      Hapus
    2. Oh gitu ya.. jadi akun YT gak bisa gabung sama blog-kah?

      Hapus
    3. Bisa mas tapi kalau yt nya melakukan pelangaran atau dianggap pelangaran bisa dibanned akunnya sayang akunnya kecuali sudah paham tos nya enak digabung jadi cepat gajian

      Hapus
  2. sejak tanggal 6 april channel harus punya 10k views dulu. saya sendiri daftarnya sebelum tanggal itu jadi approvenya beberapa menit saja.

    dan untuk rutin upload, diawal saya rutin banget tapi ketika udah stabil viewvernya, sekarang malah jarang. sekarnag lebih fokus ke blog malahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya daftar maret mas tapi tetep saja harus ikut aturan baru padahal sempat keluar iklannya

      Hapus
  3. tambahan, ada saran gk kang jalanin yang mana, soalnya belakangan ini waktunya kurang banget, ngurusuin beberapa blog aj udah ngos ngosan dan jadi gk sempat untuk buat video nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau waktunya sempit mending ngurus blog dulu mas...bikin artikel bisa lwt hp jadi fleksibel

      Hapus

Berkomentarlah sesuai topik No Link No Spam